Belum Semua Perusahaan di Purwakarta Taat Bayar Iuran BP Jamsostek

Puluhan pekerja mendapat paket bahan pokok dari BP Jamsostek

Purwakarta, IDN Times - Perusahaan yang taat membayar iuran ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Purwakarta baru mencapai sekitar 65 persen. Padahal, pembayaran iuran tersebut menjadi syarat pekerja di perusahaan untuk mendapatkan Bantuan Subsidi Upah.

BP Jamsostek Kantor Cabang Purwakarta mengapresiasi perusahaan yang sudah taat. Mereka pun memberikan paket sembako kepada puluhan pekerja di perusahaan tersebut sebagai bentuk penghargaan sekaligus bagian dari program promotif dan preventif.

Kepala Kantor BP Jamsostek Cabang Purwakarta, Novri Annur meminta perusahaan-perusahaan agar segera membayar iuran para pekerjanya. "BP Jamsostek siap melindungi, melayani pekerja Indonesia dan memberikan kemudahan dalam proses klaim" katanya, Jumat (9/9/2022).

1. Bantuan diberikan kepada salah satu perusahaan yang taat

Belum Semua Perusahaan di Purwakarta Taat Bayar Iuran BP Jamsostekdok BP Jamsostek Purwakarta

Paket bahan pokok kali ini diserahkan kepada perwakilan pekerja dari salah satu badan usaha bernama PT Citra Asia Raya. Novri mengklaim perusahaan tersebut sudah cukup tertib dalam pembayaran iuran secara rutin maupun dalam hal administrasi atau pelaporan upah sesuai aturan.

“Kegiatan promotif dan preventif ini merupakan upaya BPJS Ketenagakerjaan untuk membangun komunikasi yang baik dengan perusahaan maupun tenaga kerja,” tutur Novri seusai penyerahan paket sembako, Kamis (8/9/2022) kemarin.

2. Perlindungan hak dasar pekerja jangan dilupakan

Belum Semua Perusahaan di Purwakarta Taat Bayar Iuran BP JamsostekIlustrasi (ANTARA/Anis Efizudin)

BP Jamsostek selama ini memiliki lima program perlindungan bagi pesertanya. Yakni, Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), jaminan Kematian (JKM), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Dalam kegiatan tersebut, Novri juga mengingatkan pentingnya perlindungan hak dasar para pekerja yang tidak boleh dilupakan oleh pemerintah dan pemberi kerja. “Selain itu, dengan bantuan sembako yang diberikan dapat bermanfaat dan diharapkan dapat meringankan beban tenaga kerja,” katanya.

3. Pihak perusahaan dan pekerja merasa terbantu oleh BP Jamsostek

Belum Semua Perusahaan di Purwakarta Taat Bayar Iuran BP JamsostekIlustrasi. Bantuan Sembako dari Pemprov DKI untuk warga miskin (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sementara itu, pihak PT Citra Asia Raya memastikan seluruh karyawan di tempatnya sudah didaftarkan program Jamsostek. “Kami mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang telah dilakukan BPJS Ketenagakerjaan,” kata perwakilan perusahaan tersebut dari bagian HRD, Nia.

Para pekerja di perusahaan tersebut mengaku sangat terbantu oleh bantuan paket bahan pokok dari BP Jamsostek. Mereka juga berterima kasih kepada pihak perusahaan yang telah mendaftarkan para pekerja dalam program BP Jamsostek, sehingga kesejahteraan mereka pun terlindungi.

Baca Juga: Purwakarta Hadapi Inflasi Dampak Kenaikan Harga Sembako dan BBM

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya