Astra Infra Mulai Pelebaran Lajur Ketiga di Tol Cipali Sebelum Ramadan

Pelebaran jalan akan dipercepat sesuai hasil studi trafik

Subang, IDN Times - Pengelola Jalan Tol Cikopo-Palimanan, Astra Tol Cipali melakukan pelebaran lajur ketiga. Peletakan batu pertama proyek tersebut dimulai dari kilometer 72+109 sampai KM 85+850 dan beberapa Rest Area di KM 86, 101, 102, dan 130 arah Cirebon maupun Jakarta.

Pelebaran lajur ketiga itu rencananya dilakukan secara bertahap mulai 2023. "Pada prinsipnya, kami siap melakukan percepatan pelebaran pada tahun-tahun berikutnya,” kata Presiden Direktur Astra Tol Cipali, Firdaus Azis pada acara groundbreaking di Rest Area KM 130, Jumat (10/3/2023).

Ia menjelaskan, percepatan pekerjaan pelebaran lajur ketiga itu disesuaikan dengan hasil studi trafik dan evaluasi kondisi lalu lintas. Namun, pekerjaan untuk tahap awal memang diprioritaskan di lokasi-lokasi tersebut.

1. Pekerjaan pelebaran akan dibagi menjadi dua paket

Astra Infra Mulai Pelebaran Lajur Ketiga di Tol Cipali Sebelum RamadanIlustrasi pembangunan pelebaran jalan (IDN Times/Dhana Kencana)

Prosesi groundbreaking dilakukan dengan menyalakan sirine sebagai tanda diresmikannya pekerjaan. Prosesi tersebut diikuti Group Chief Operating Officer Astra Infra Kris Ade Sudiyono, Presiden Direktur Astra Tol Cipali Firdaus Azis, Direktur Operasi Agung Prasetyo dan Chief Executive Astra Infra Solutions Ega N Boga.

“Dalam pelaksanaannya, pekerjaan pelebaran lajur ketiga dibagi menjadi dua paket,” ujar Firdaus. Yaitu, Paket satu di KM 72+109 sampai 80+000 dan Rest Area KM 130 yang dikerjakan oleh Wika. Sedangkan Paket 2 dimulai dari KM 80+000 s.d 85+850 dan Rest Area 86, KM 101 dan KM 102 arah Cirebon dan Jakarta yang dikerjakan oleh Acset.

2. Pelebaran jalan untuk meningkatkan pelayanan dan keselamatan

Astra Infra Mulai Pelebaran Lajur Ketiga di Tol Cipali Sebelum RamadanTol Cipali (auto2000.co.id)

Astra Tol Cipali menunjuk PT Astra Infra Solutions (AIS) selaku Project Management Consultant (PMC) pekerjaan pelebaran lajur ketiga tahap awal. Mereka juga menunjuk Konsultan Supervisi Paket Satu yakni PT Mitrapacific Consulindo International dan Konsultan Supervisi Paket Dua adalah PT Indec Internusa.

“Proyek pelebaran lajur ketiga yang dilakukan merupakan salah satu bentuk keseriusan Astra Tol Cipali dalam mewujudkan pelayanan yang prima kepada pengguna jalan,” kata Firdaus menjelaskan alasannya.

3. Astra Tol Cipali tanda tangani kerja sama dengan PT 3M

Astra Infra Mulai Pelebaran Lajur Ketiga di Tol Cipali Sebelum RamadanIlustrasi jalan Tol (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Pada kesempatan itu, Astra Tol Cipali bersama Astra Tol Tangerang-Merak juga melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman dengan PT 3M Indonesia. Kerja sama mereka terkait pilot project guna menurunkan fatalitas di jalan tol.

“Kerjasama dengan PT 3M Indonesia dalam upaya menurunkan fatalitas di jalan tol. Tentunya, Astra Tol Cipali selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jalan baik dalam sisi pelayanan lalu lintas, keselamatan dan juga konstruksi," tutur Firdaus.

4. Penempelan stiker reflektif di kendaraan untuk keselamatan

Astra Infra Mulai Pelebaran Lajur Ketiga di Tol Cipali Sebelum RamadanIlustrasi truk ( ANTARA FOTO/Fauzan)

Lebih lanjut, mereka juga menggelar simbolisasi penempelan stiker reflektif kepada beberapa kendaraan golongan 3-5 di Rest Area 130 arah Cirebon. Kegiatan itu sebagai sosialisasi keselamatan berkendara kepada pengemudi kendaraan besar.

Selain itu, Firdaus mengatakan kegiatan itu juga merupakan salah satu strategi peningkatan keselamatan di jalan tol. Terutama, dari sisi edukasi program Environment, Engineering dan Education (3E).

Baca Juga: Korlantas Tidak Berlakukan One Way di KM 70 Cipali saat Lebaran 2023

Baca Juga: Tabrak Truk di Tol Cipali, Kepala BKD Jabar Yerry Yanuar Tewas

Baca Juga: Puluhan Kendaraan Terdeteksi ODOL Melintas di Tol Cipali

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya