Arus Lalu Lintas Padat di Kawasan Wisata dan Kuliner di Purwakarta

Sekitar 1,4 juta kendaraan tinggalkan Jakarta selama Natal

Purwakarta, IDN Times - Arus lalu lintas kendaraan di jalan tol maupun jalan arteri Kabupaten Purwakarta terpantau ramai lancar. Kepadatan kendaraan hanya terjadi di sejumlah kawasan pariwisata dan kuliner.

"Sampai saat ini arus lalu lintas lancar, tidak jauh berbeda seperti kondisi normal di luar Natal dan tahun baru," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polisi Resor Purwakarta Ajun Komisaris Eryda Kusumah saat ditemui di Pol Polisi Cikopo Kecamatan Bungursari, Minggu (26/12/2021).

Menurutnya, volume kendaraan yang melintas relatif seimbang antara arus dari Jakarta dan menuju Jakarta. Melihat situasi yang lancar, Eryda mengimbau para pengemudi untuk tetap menjaga ketertiban saat mengemudi di jalan raya.

1. Lebih dari 1,4 juta kendaraan tinggalkan Jakarta

Arus Lalu Lintas Padat di Kawasan Wisata dan Kuliner di PurwakartaDok. Jasa Marga

Berdasarkan data Jasa Marga, lebih dari 1,4 juta kendaraan bermotor tercatat meninggalkan wilayah Jakarta dan sekitarnya. Mereka mencatat kenaikan jumlah kendaraan sekitar lima persen sejak delapan hari sebelum Natal hingga Sabtu (25/12/2021).

Dalam keterangan persnya, Corporate Communication & Community Development Group Head, Dwimawan Heru menyebut kendaraan yang meninggalkan Jakarta dan sekitarnya mencapai 1.422.094 unit. "Naik lima persen jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 1.354.453 kendaraan," katanya.

2. Kendaraan dari Jakarta kebanyakan menuju arah Timur

Arus Lalu Lintas Padat di Kawasan Wisata dan Kuliner di PurwakartaTol Cipali (auto2000.co.id)

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama. Yaitu, GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

"Untuk distribusi lalu lintas dari Jakarta dan sekitarnya menuju keempat arah mayoritas sebanyak 653.582 kendaraan (46.0 persen) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung)," ujar Dwimawan. Sedangkan, menuju arah barat (Merak) 446.452 kendaraan (31,4 persen), dan 322.060 kendaraan (22,6%) menuju arah Selatan (Puncak).

 

3. Arus kendaraan ke arah Trans Jawa dan Bandung naik delapan persen

Arus Lalu Lintas Padat di Kawasan Wisata dan Kuliner di PurwakartaIlustrasi macet (IDN Times/Sukma Shakti)

Secara khusus, Dwimawan merinci arus lalu lintas dari Jakarta dan sekitarnya menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Ia menyebutkan jumlahnya 339.872 kendaraan atau naik sebesar 11 persen dari lalu lintas normal.

Adapun, lalu lintas kendaraan yang menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang sebanyak 313.710 unit. "(Jumlah tersebut) naik sebesar 4,9 persen dari lalu lintas normal," ujar Dwimawan.

Ia pun menjumlahkan kendaraan roda empat atau lebih yang meninggalkan Jakarta dan sekitarnya menuju Trans Jawa dan Bandung sebanyak 653.582 kendaraan. Angka tersebut diklaim naik sebesar 8,0 persen dari kondisi normal arus lalu lintas.

4. Pengunjung rest area senang mendapatkan layanan gratis

Arus Lalu Lintas Padat di Kawasan Wisata dan Kuliner di PurwakartaIlustrasi rest area. Dokumen Istimewa

Dari pantauan wartawan di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan Jakarta-Cikampek, arus lalu lintas kendaraan sangat lancar dengan laju kecepatan hingga 80-100 kilometer per jam. Demikian pula dengan jumlah pengunjung tempat istirahat di jalan tol tidak terjadi kemacetan yang berarti.

Salah seorang pengunjung rest area kilometer 62 B Tol Jakarta-Cikampek, Epi (28) mengaku perjalanannya dari Purwakarta menuju Bogor pada Minggu siang berlangsung lancar. "Senang sekali karena selain lancar juga ada layanan gratis di rest area, contohnya isi nitrogen gratis," ujarnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya