Aneh! Asap Putih Panas Tiba-tiba Keluar dari Tanah di Subang

Penyebab asap keluar dari tanah belum diketahui hingga kini

Subang, IDN Times - Asap misterius yang keluar dari bawah tanah menggegerkan warga Desa Sukamandi Jaya Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang. Fenomena tersebut terjadi di salah satu rumah warga bernama Juni yang berada di Dusun Margaluyu Timur.

Menurut kesaksian warga, asap putih yang keluar dari bawah tanah itu juga memiliki suhu yang panas. Karena itu, mereka pun khawatir hal itu menjadi tanda-tanda bencana yang lebih serius pada masa mendatang.

Terlebih, warga melaporkan asap yang keluar berlangsung selama beberapa hari tanpa henti. “Sudah empat hari yang lalu yaitu dari hari Senin tgl 13 Februari 2023, sekitar jam 15.20 WIB,” kata Kepala Dusun setempat, Eman Sulaeman, Jumat (17/2/2023).

1. Asap putih keluar dari bawah tiang listrik milik PLN

Aneh! Asap Putih Panas Tiba-tiba Keluar dari Tanah di SubangDok.IDN Times/istimewa

Dari kesaksian warga, asap keluar dari halaman rumah milik Juni. Tepatnya, dari tiang listrik milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang berfungsi sebagai penyangga aliran listrik untuk disalurkan ke perumahan warga sekitarnya.

Karena itu, Eman mengaku telah melapor ke Kantor PLN Kecamatan Ciasem. “Dari hasil pemeriksaan petugas PLN, aliran listrik dan tiang listrik dinyatakan aman, tidak ada korsleting,” ujarnya mengutip pernyataan petugas.

2. Warga sempat menggali tanah yang keluarkan asap

Aneh! Asap Putih Panas Tiba-tiba Keluar dari Tanah di Subangpixabay.com/Goumbik

Sementara itu, Kepala Polisi Sektor Ciasem, Komisaris Dede Suherman juga telah memeriksa lokasi kejadian. Petugas kepolisian mengaku baru mendapatkan laporan dari warga pada Rabu (16/2/2023) lalu.

Setelah dinyatakan aman dari aliran listrik, warga sempat mencoba menggali tanah yang mengeluarkan asap tersebut. “Namun, belum ditemukan penyebab keluarnya asap yang mengeluarkan hawa panas tersebut,” kata Dede dalam laporannya.

3. Garis polisi sempat dipasang di lokasi keluarnya asap

Aneh! Asap Putih Panas Tiba-tiba Keluar dari Tanah di SubangPixabay.com/police

Untuk memastikan penyebabnya, warga pun melapor kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Subang. Dede meminta warga di sekitar lokasi penemuan asap tetap tenang dan melakukan aktivitas mereka seperti biasa.

“Untuk sementara waktu, lokasi diberi police line sambil menunggu petunjuk lebih lanjut dari pihak yang berwenang (dalam hal ini BPBD Subang),” tutur Dede. Namun, saat awak media mengecek lokasi, situasinya terpantau lengang dan asapnya sudah tidak terlihat keluar dari tanah.

Baca Juga: Kerap Banjir, Warga Subang Tunggu Menteri PUPR Bangun Embung

Baca Juga: Jalan Tol Akses Patimban Menunjang Kawasan Industri di Subang

Baca Juga: Rawan Kejahatan, Jalur Cipeundeuy-Patokbeusi Subang Minim Penerangan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya