Comscore Tracker

Hindari Unjuk Rasa, Ini 4 Tip Mengemudi Agar Tak Terjebak Demonstrasi

Jangan emosi dan tetaplah fokus.

Jakarta, IDN Times – Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, berencana kembali menggelar aksi unjuk rasa pada Senin (30/9) di depan Gedung DPR RI, Jakarta. Tapi, bukan hanya di Jakarta, di beberapa kota lain misalnya Bandung, mahasiswa pun akan menggelar aksi serupa di depan gedung DPRD Jabar.

Unjuk rasa tersebut bertujuan untuk menolak revisi Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) dan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP).

Berkaca pada peristiwa demonstrasi yang berakhir ricuh pada Selasa (24/9), aksi tersebut akan berdampak pada pengalihan sejumlah arus lalu lintas. Tak hanya itu, aksi pun dipercaya dapat menyebabkan kemacetan arus lalu lintas.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan saat berkendara melalui jalur demo.

1. Jaga emosi, tetap fokus

Hindari Unjuk Rasa, Ini 4 Tip Mengemudi Agar Tak Terjebak DemonstrasiPixabay.com/Free-Photos

Sebenarnya ini penting dilakukan setiap waktu, bahkan saat tidak ada demo. Kamu harus menjaga emosi meski kondisi di jalan sangat terhambat, agar dapat mengemudi dengan tenang dan nyaman.

Tetaplah fokus dan waspada pada situasi dan kondisi jalan. Kecuali pada saat kondisi genting, alihkan perhatian dari ponsel atau gawai lainnya yang akan membuat fokus terpecah. Demi keselamatan, tidak perlu terpancing melakukan aksi balasan bila ada peserta demo berusaha melakukan tindakan yang salah.

Baca Juga: Demo Mujahid Minta Turunkan Jokowi, Tokoh Alumni 212: Itu Dendam Lama

2. Pantau berita terkini

Hindari Unjuk Rasa, Ini 4 Tip Mengemudi Agar Tak Terjebak DemonstrasiIDN Times/vanny El Rahman

Sempatkan untuk mengetahui kondisi terbaru melalui berita., dengan catatan media yang dilihat harus kredibel agar tidak ada salah informasi karena media selalu memberikan informasi terkini mengenai lokasi, jam demo, dan perkembangan dari waktu ke waktu.

Apabila terdeteksi sudah mulai bahaya, hindari lokasi-lokasi tersebut dan carilah alternatif lain agar tetap bias menjalankan aktivitas.

3. Pantau juga peta

Hindari Unjuk Rasa, Ini 4 Tip Mengemudi Agar Tak Terjebak DemonstrasiIDN Times/Helmi Shemi

Selain berita, aplikasi peta juga perlu untuk selalu diperiksa demi mengetahui jalur-jalur yang terkena imbasnya dan dengan segera mampu menemukan jalur alternatif sebab jalur alternatif yang ditunjukkan aplikasi saat ini sudah akurat dan aman untuk dilalui.

4. Jangan panik!

Hindari Unjuk Rasa, Ini 4 Tip Mengemudi Agar Tak Terjebak DemonstrasiIDN Times/Gregorius Aryo Damar P

Ini yang paling penting yang perlu kamu lakukan saat melewati jalur yang terkena aksi demo. Tutup seluruh kaca, pastikan semua pintu terkunci dan letakkan seluruh barang berharga di laci atau bagian yang tidak terlihat dari luar.

Ingat, tetaplah fokus dan waspada, jangan tunjukkan wajah panik yang dapat memancing pihak tidak bertanggung jawab untuk melancarkan aksinya!

Baca Juga: Unjuk Rasa di DPR, Massa HMI Tuntut KPK Agar Tak Dilemahkan

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya