Lempar Korek Api Saat Motor Isi Bensin di SPBU, Pria Cirebon Diamuk

Pria itu diduga alami gangguan kejiwaan

Cirebon, IDN Times - Seorang pria berusia 68 tahun diamankan polisi karena mencoba membakar SPBU Tangkil, Jalan Sunan Gunung Jati Cirebon, Kamis (8/9/2022). Pelaku mencoba membakar SPBU dengan cara melemparkan korek api ke arah motor yang sedang mengisi bensin.

Petugas keamanan dibantu warga pun dengan sigap memadamkan api yang membakar sepeda motor. Alhasil, api belum sempat membesar membakar SPBU. Aksi tersebut terekam kamera tersembunyi yang terpasang di lokasi SPBU Tangkil.

1. Ia memang mencoba membakar SPBU

Lempar Korek Api Saat Motor Isi Bensin di SPBU, Pria Cirebon DiamukApi yang membakar sepeda motor berusaha dipadamkan petugas. (tangkapan layar)

Kasat Reskrim Polres Cirebon Kota, AKP Perida Apriani Sisera Panjaitan membenarkan insiden percobaan membakar SPBU. Bahkan, polisi sudah mengamankan dan mengantongi identitas pelaku.

Dia menjelaskan, pelaku merupakan pria berusia 68 tahun berinisial WO. Saat ini WO sudah diamankan di Makopolres Cirebon Kota.

Saat dimintai keterangan, pelaku membenarkan tindakannya. Hanya saja, pelaku tidak menjelaskan kepada polisi alasan di balik pembakaran SPBU tersebut. Polisi menduga, pelaku mengalami gangguan kejiwaan.

"Pelaku saat ini sudah ditahan di Polres Cirebon Kota. Pelaku mengakui melakukan pembakaran itu, tapi dia tidak tahu untuk apa dia melakukannya," ujarnya, Kamis (8/9/2022).

2. Pelaku akan dibawa ke psikiater

Lempar Korek Api Saat Motor Isi Bensin di SPBU, Pria Cirebon DiamukApi yang membakar sepeda motor berusaha dipadamkan petugas. (tangkapan layar)

Atas kejadian itu, polisi berniat membawa ke pelaku ke psikiater. Sebab saat diinterogasi, pria tersebut tidak menjawab pertanyaan polisi.

Dugaan polisi pada terganggunya kondisi kejiwaan pelaku diperkuat oleh keterangan dari warga sekitar, di mana membenarkan bahwa keanehannya sering kambuh karena tinggal dan hidup seorang diri.

"WO ini tinggal seorang diri di rumah dan terkadang sering kumat. Kami berencana membawa pelaku ke psikiater untuk memeriksa kondisi kejiwaannya," ujarnya

3. Pelaku dengan santai melemparkan korek api

Lempar Korek Api Saat Motor Isi Bensin di SPBU, Pria Cirebon DiamukPelaku percobaan pembakaran SPBU diamankan petugas kepolisian. (istimewa)

Dari hasil rekaman kamera pengawas tersembunyi, terlihat pria berkepala plontos dengan santai menyalakan korek api dan melemparkannya ke arah tangki sepeda motor yang sedang diisi bensin. Seketika kemudian api menyela membuat panik petugas SPBU dan pemilik sepeda motor.

Petugas dan warga yang melihat aksi tersebut langsung mengejar pelaku. Sementara petugas lain bergegas memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (APAR) yang tersedia di SPBU. Sementara pelaku sempat diamuk massa karena ulahnya mengancam keselamatan orang lain.

4. Pelaku sempat ikut antre

Lempar Korek Api Saat Motor Isi Bensin di SPBU, Pria Cirebon DiamukPetugas keamanan SPBU sedang menunjukkan insiden percobaan pembakaran SPBU. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Petugas keamanan, Arif Rahman, mengaku tidak tahu jika pria tersebut hendak melakukan aksi nekat tersebut. Bahkan, pria berpakaian salur-salur tersebut ikut mengantre bersama pembeli BBM lain, sehingga tidak ada tanda-tanda mencurigakan.

Saat diamankan warga, tersangka tidak berkata apa pun selain mengumpat. Pria tersebut juga tidak menjawab alasan melakukan percobaan pembakaran SPBU. Bahkan, pelaku sempat memberi perlawanan saat diamankan warga sekitar.

Menurut informasi dari warga sekitar, Arif menambahkan, pelaku merupakan warga Perumahan Villa Intan, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon.

"Kami enggak ngeh kalau orang itu mau mengeluarkan korek api. Tersangka sudah diamankan di kantor polisi, dan SPBU sudah beroperasi kembali," katanya.

Baca Juga: Polisi Tangkap Penimbun 540 Liter Solar saat Isi BBM di SPBU Siantar

Baca Juga: Polisi Tangkap Penimbun 540 Liter Solar saat Isi BBM di SPBU Siantar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya