Comscore Tracker

Dewi Lestari dan Badai Krispatih Bocorkan Inspirasi Menulis Lagu

Menulis lagu itu susash-susah gampang.

Tangerang, IDN Times - Inspirasi dari menulis sebuah lagu bisa datang dari mana saja. Hal itu disampaikan oleh Doadibadi Hollo, atau lebih tenar dengan panggilan Badai Kerispatih. Menurut dia, tidak semua lagu yang dibuat atas kejadian saat mendapat inspirasi.

"Sebagai pencipta lagu, tidak harus bersemedi menikmati kesendirian. Di toko handphone aja kadang mengalir inspirasi-inspirasi menulis lagu" ujar Badai dalam acara Indonesia Writers Festival (IWF) 2019 bertema "Melempar Kata Lewat Nada", yang berlangsung di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Tangerang, Sabtu (7/9).

Senada dengan Badai, penyanyi sekaligus penulis lagu, Dewi Lestari, juga mengaku inspirasi bisa datang dari mana saja. 

Dia mencontohkan lagu "Malaikat Juga Tahu". Dewi mengaku mendapat inspirasi menulis lagu itu dimulai dari melodi terlebih dahulu.

"Ketika saya sikat gigi, tiba-tiba ada melodi lalu muncul ada keyword malaikat juga tahu, kemudian saya tangkap, dan di benak saya muncul satu dua objek, kemudian saya bawa ke piano untuk dibikin lebih lengkap," ujar Dewi Lestari 

Karena itu, kata Badai, inspirasi harus dilanjutkan. Jika tidak, akan hilang dengan cepat. Sama halnya dengan Dewi Lestari yang selalu mencatat saat menemukan inspirasi.

"Tiap dapat inspirasi harus direkam, atau pakai catatan kemudian dikumpulkan dalam folder. Saking cepatnya, cari apa saja yang di sekitar, mau pensil atau bolpen warna biru, apa saja untuk dicatat," tambah Dewi Lestari.

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2019. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2019 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesia Through Writing ini dilangsungkan pada 6 hingga 7 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang.

IWF 2019 sendiri menghadirkan lebih dari 30 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Najwa Shihab, Rosiana Silalahi, Ivan Lanin, Marchella FP, Gina S. Noer, Sheila Timothy, Dewi Lestari, Reza Rahadian, Trinity, Windy Ariestanty, Ayu Utami, Henry Manampiring, Angkie Yudistia dan masih banyak lagi.

Ajang penulisan terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh 5.000-an penggiat dunia literasi dan kreatif. Simak dan ikuti terus perkembangan IWF 2019 di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: IWF 2019, Ini 10 Kutipan Reza Rahadian Soal Film Indonesia

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya