Zulkifli Zaini Sah Dirut PLN, Ini Kasus yang Timpa Para Pendahulunya

Jadi nahkoda PLN, tidak boleh salah langkah..

Jakarta, IDN Times - Zulkifli Zaini disahkan sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa, Senin (23/12) sore ini. Pria yang dipilih Menteri BUMN Erick Thohir sebagai nahkoda baru PLN ini, tidak asing di dalam dalam dunia perbankan Indonesia.

Ia merupakan seorang profesional Indonesia yang pernah menjabat sebagai Komisaris Independen Bank Negara Indonesia (BNI) sejak 17 Maret 2015. Zulkifli mengawali kariernya di sektor perbankan pada tahun 1988, kala itu ia menjadi staf account officer di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo).

Pria kelahiran Bukittinggi, Sumatra Barat 13 Januari 1956 ini pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri dari tahun 2010 hingga 2013, menggantikan Agus Martowardojo yang diangkat menjadi Menteri Keuangan saat itu.

Dalam menjalankan tugasnya nanti, Zulkifli tampaknya perlu berhati-hati membuat kebijakan. Merunut ke belakang, sejumlah nama dirut di sana tersandung kasus hukum dan hampir semua berakhir di balik jeruji.

Siapa saja nama-nama Dirut PLN selama ini dan bagaimana rekam jejak mereka di perusahaan pelat merah tersebut? IDN Times sudah merangkumnya dalam daftar berikut ini:

1. Eddie Widiono

Zulkifli Zaini Sah Dirut PLN, Ini Kasus yang Timpa Para PendahulunyaANTARAFOTO/Fanny Octavianus

Eddie Widiono pernah menjabat direktur utama PLN periode 2001-2007. Saat masih menjabat, Eddie divonis penjara selama lima tahun karena kasus korupsi proyek outsourcing customer information system rencana induk sistem informasi (CIS-RISI) di PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Tangerang tahun 2004-2007.

Baca Juga: Mengaku Kecewa Dengan Jokowi, Dahlan Iskan Alih Dukungan ke Prabowo

2. Fahmi Mochtar

Zulkifli Zaini Sah Dirut PLN, Ini Kasus yang Timpa Para Pendahulunya(Gedung PLN Palembang) IDN Times/Rangga Erfizal

Setelah Eddie Widiono terjerat kasus korupsi dan mundur dari dirut PLN, ia digantikan oleh Fahmi Mochtar. Fahmi menjabat sebagai dirut selama 2008-2009. Fahmi juga sempat diperiksa oleh KPK terkait kasus yang menjerat Eddie Widiono.

Sebelumnya, Fahmi menjabat sebagai General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang. Ia juga pernah meraih nilai tertinggi dalam seleksi calon direksi PLN yang dilakukan Tim Penilai Akhir (TPA).

3. Dahlan Iskan

Zulkifli Zaini Sah Dirut PLN, Ini Kasus yang Timpa Para PendahulunyaIDN Times/Fitria Madia

Mantan CEO Jawa Pos, Dahlan Iskan, pernah menjadi Dirut PLN periode 2009-2011. Saat menjabat, ia pernah menjadi tersangka kasus korupsi 21 gardu induk Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara pada 2011-2013 dengan kerugian negara diperkirakan sebesar Rp 33,2 miliar. Lepas dari jabatannya sebagai Dirut PLN, Dahlan Iskan menjabat Menteri BUMN.

4. Nur Pamudji

Zulkifli Zaini Sah Dirut PLN, Ini Kasus yang Timpa Para PendahulunyaANTARAFOTO/Yudhi Mahatma

Nur Pamudji menggantikan Dahlan Iskan menjabat sebagai dirut PLN pada periode 2011-2014. Sama seperti dirut PLN sebelumnya, Nur Pamudji pernah terjerat kasus korupsi.

Mantan dirut PLN ini, didakwa merugikan keuangan PLN hingga Rp 188,745 miliar dalam kasus dugaan korupsi pengadaan pemasok bahan bakar minyak (BBM) jenis high speed diesel (HSD) pada 2011-2014. Ia dijerat dalam kasus tersebut setahun setelah ia lengser dari jabatannya sebagai Dirut PLN.

Baca Juga: [BREAKING] Divonis Bebas, Sofyan Basir Dilepaskan dari Rutan Hari Ini

5. Sofyan Basir

Zulkifli Zaini Sah Dirut PLN, Ini Kasus yang Timpa Para Pendahulunya(Eks Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir) ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sofyan Basir merupakan Dirut PLN yang terakhir menjabat. Ini bukan kali pertama Sofyan Basir menjabat sebagai dirut. Dia pernah menjabat sebagai Dirut BRI pada 2005, tepat sebelum menjadi Dirut PLN.

Namun, Sofyan mengundurkan diri jabatannya sebagai Dirut PLN seiring dengan penetapannya sebagai tersangka dalam kasus dugaan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang (PLTU-MT) Riau-1. Namun, Sofyan Basir baru saja divonis bebas dan tak bersalah pada 4 November lalu. 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Eks Dirut PLN Sofyan Basir Bebas dari Tuduhan Korupsi, Ini Kata Erick 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya