Comscore Tracker

Satgas Pastikan Tak Ada Zona Kuning dan Hijau Corona di DKI Jakarta

Pantas Gubernur Anies Baswedan tarik rem darurat

Jakarta, IDN Times - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 memastikan bahwa tak ada lagi zona kuning dan hijau di wilayah DKI Jakarta saat ini. Hal itu dipastikan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, seraya meminta masyarakat semakin peduli dengan kondisi ini.

"Tidak ada kota berzona kuning atau hijau di DKI. Ini jadi perhatian nasional agar kinerjanya bisa diperbaiki," ujar Wiku dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (17/9/2020).

1. DKI Jakarta jadi provinsi dengan jumlah kasus positif tertinggi

Satgas Pastikan Tak Ada Zona Kuning dan Hijau Corona di DKI JakartaPenghormatan terakhir Sekda DKI Jakarta, Saefullah di Balai Kota pada Rabu (16/9/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Kasus di DKI Jakarta semakin meningkat setiap harinya. Bahkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan harus menarik rem darurat untuk kembali memperketat PSBB.

Tidak hanya itu, Wiku juga menyampaikan bahwa DKI Jakarta menjadi peringkat kedua secara nasional dengan kenaikan kasus tertinggi. "Dan merupakan peringkat pertama jumlah kasus tertinggi," tutur Wiku.

Baca Juga: Mau ke Jakarta? Cek Dulu 25 RW di DKI yang Masuk Zona Merah

2. Ada 4 Wilayah di DKI Jakarta yang miliki kasus aktif di atas 1.000

Satgas Pastikan Tak Ada Zona Kuning dan Hijau Corona di DKI JakartaIlustrasi virus corona (IDN Times/Sukma Shakti)

Bukan hanya itu, empat wilayah di DKI Jakarta juga masuk ke dalam 11 kabupaten/kota dengan kasus aktif di atas 1.000. Dari segi demografi, kata Wiku, kabupaten/kota ini merupakan wilayah dengan jumlah penduduk yang pada dan juga termasuk kota besar.

"Kasus ini menyumbang 26 persen dari total kasus aktif di Indonesia saat ini," jelasnya.

Adapun ke-11 kabupaten/kota yang masih memiliki kasus aktif COVID-19 di atas 1.000, yaitu:

1. Kota Semarang (2.591)
2. Kota Medan (1.475)
3. Kota Bekasi (1.407)
4. Kota Makassar (1.396)
5. Jakarta Utara (1.124)
6. Jakarta Pusat (1.109)
7. Jakarta Barat (1.090)
8. Kabupaten Bekasi (1.080)
9. Jakarta Timur (1.071)
10. Kota Surabaya (1.070)
11. Kota Pekanbaru (1.023)

3. DKI Jakarta jadi salah satu provinsi dengan laju kematian tertinggi

Satgas Pastikan Tak Ada Zona Kuning dan Hijau Corona di DKI JakartaJuru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito di Kantor Presiden, Jakarta (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Untuk wilayah dengan laju kematian tertinggi, Wiku menyebut terdapat tiga provinsi yakni Bali, DKI Jakarta, dan Kalimantan Timur. Wiku meminta kepada kepala daerah agar terus memantau perkembang kasus secata keseluruhan, termasuk kematian di wilayahnya.

"Pelayanan kesehatan yang baik, penanganan yang tepat dan cepat pada kasus COVID, terutama pada usia rentan dan gejala berat adalah kunci menekan angka kematian," tuturnya.

Baca Juga: Kemenkes, Kementerian dengan Kasus COVID-19 Terbanyak di Jakarta

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya