Comscore Tracker

Hari Ini, Jokowi Kembali Undang Beberapa Calon Menteri ke Istana

Siapa saja yang akan diundang ke Istana?

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo hari ini kembali memperkenalkan calon menterinya kepada publik. Kemarin, Jokowi telah memanggil 12 nama yang disebut-sebut akan menjadi menteri Kabinet Kerja jilid II. Namun, nama-nama yang akan diundang ke Istana hari ini belum diketahui.

"Jadi dua hari ini beberapa akan datang," kata Deputi Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, di kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (21/10).

1. Presiden sudah memanggil 12 nama ke Istana

Hari Ini, Jokowi Kembali Undang Beberapa Calon Menteri ke IstanaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Presiden Jokowi telah memanggil 12 nama yang disebut-sebut akan mengisi kursi menteri Kabinet Kerja jilid II, ke Istana Kepresidenan kemarin. Mereka antara lain mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu, CEO Gojek Nadiem Makarim, Komisaris Utama NET Mediatama Televisi Wishnutama, Bos Mahaka Grup Erick Thohir, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

Selain itu, hadir juga Menteri Perindustrian 2014-2019 Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) 2014-2019 Pratikno, Presiden Komisaris PT Adhi Karya Fadjroel Rahman, Ketua Populi Center Nico Haryanto, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo.

2. Presiden Jokowi akan melantik menteri Kabinet Kerja jilid II pada Rabu (23/10)

Hari Ini, Jokowi Kembali Undang Beberapa Calon Menteri ke IstanaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Presiden Jokowi akan melantik susunan menteri Kabinet Kerja jilid II pada Rabu (23/10), setelah dua hari ini memperkenalkan calon-calon pembantunya ke publik. Hal tersebut disampaikan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD usai dipanggil Jokowi di Istana kemarin.

"Kalau tidak berubah akan dilantik Rabu. Pagi sudah dilantik," kata Mahfud kepada wartawan.

Baca Juga: Calon Menteri? Ini 12 Orang yang Diundang Jokowi ke Istana Kemarin

3. Komposisi susunan Kabinet Kerja jilid II

Hari Ini, Jokowi Kembali Undang Beberapa Calon Menteri ke IstanaTwitter/@KSPgoid

Jokowi sebelumnya mengatakan susunan menteri Kabinet Kerja jilid II akan diisi 55 persen dari kalangan profesional, dan 45 persen sisanya berasal dari partai politik atau dengan kata lain ada 16 nama.

Jokowi juga menyebutkan masih ada sejumlah menteri lama yang akan dipertahankan, namun akan ada banyak wajah baru di dalam jajaran menteri-menterinya.

Baca Juga: Sri Mulyani Jadi Tokoh Pertama yang Diundang Jokowi Pagi Ini 

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You