Pernyataan Lengkap Jokowi soal Vaksin COVID-19 Gratis untuk Masyakarat

Jokowi akan jadi orang pertama yang divaksinasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memutuskan untuk menggratiskan vaksin COVID-19 bagi masyarakat. Keputusan ini diambil setelah pemerintah melakukan penghitungan ulang keuangan negara mendapatkan banyak masukan dari masyarakat.

"Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang dan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis. Gratis tidak dikenakan biaya sama sekali," kata Jokowi dalam keterangan persnya yang disiarkan di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020).

1. Jokowi tegaskan akan jadi orang pertama yang divaksinasi

Pernyataan Lengkap Jokowi soal Vaksin COVID-19 Gratis untuk MasyakaratPresiden Jokowi hadiri KTT ke-37 ASEAN (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Terkait masyarakat yang masih tidak percaya pada vaksin COVID-19, Presiden Jokowi akan membuktikan vaksin tersebut aman. Jokowi menyampaikan bahwa dia akan menjadi orang pertama yang divaksinasi.

"Saya juga ingin tegaskan, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman," tuturnya.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi: Saya akan Jadi Orang Pertama yang Divaksinasi

2. Jokowi perintahkan Menkeu Sri Mulyani agar realokasi anggaran lain untuk vaksinasi

Pernyataan Lengkap Jokowi soal Vaksin COVID-19 Gratis untuk MasyakaratGubernur Anies Baswedan bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Senin (27/7/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Mengenai vaksin gratis itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memprioritaskan dan merealokasikan anggaran lain untuk vaksinasi. Ia menginginkan agar seluruh masyarakat bisa mendapatkan vaksin.

"Saya juga perintahkan kepada Menkeu untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis ini, sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin," perintah Jokowi.

3. Jokowi perintahkan jajarannya dan pemda agar prioritaskan anggaran 2021 untuk vaksinasi

Pernyataan Lengkap Jokowi soal Vaksin COVID-19 Gratis untuk MasyakaratJokowi beri sambutan di Puncak Acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 pada Rabu (28/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Tidak hanya itu, Jokowi juga memerintahkan kepada seluruh jajarannya di kabinet serta pemerintah daerah agar memprioritaskan anggaran 2021 untuk vaksinasi.

"Untuk itu, saya perintahkan kepada seluruh jajaran kabinet, kementerian, lembaga dan pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021," kata Jokowi.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi: Vaksin COVID-19 untuk Masyarakat Gratis!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya