Pemerintah Pastikan Tak Ada Biaya untuk Tes Virus Corona

Tes virus corona harus dari rujukan dokter

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Penanganan Virus Corona atau COVID-19, Achmad Yurianto, membantah kabar yang menyebutkan ada biaya untuk melakukan tes virus corona.

"Tes virus corona hanya dilaksanakan di laboratorium yang berada di Balitbangkes dan Balitbangkes tidak memungut serupiah pun dari pemeriksaan ini," kata Yuri di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin (9/3).

1. Yuri: Tes virus corona tidak bisa atas permintaan sendiri

Pemerintah Pastikan Tak Ada Biaya untuk Tes Virus CoronaJuru bicara penanganan virus corona atau COVID-19, Achmad Yurianto, di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin 9 Maret 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Yuri mengatakan dirinya memang sering mendengar tes virus corona berbayar. Namun, menurutnya, masyarakat yang menyebarkan isu tersebut belum pernah melakukan pemeriksaan.

Yuri juga mengatakan tes virus corona bukan atas permintaan pasien, melainkan harus dari rujukan dari dokter di rumah sakit. Dan tidak dipungut biaya sepeser pun.

"Saya tegaskan lagi, tidak ada pungutan serupiah pun dari pemeriksaan COVID-19 dan atas dasar permintaan dokter bukan permintaan orang per orang, seperti kalau kita tes golongan darah misalnya atau tes kehamilan," katanya.

2. Presiden Jokowi memastikan pemerintah siap mengatasi wabah virus corona

Pemerintah Pastikan Tak Ada Biaya untuk Tes Virus CoronaJubir Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Sebelumnya Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk mengatasi virus corona atau COVID-19. Menyoal anggaran tersebut, pemerintah masih belum menjabarkan berapa biaya yang akan digelontorkan.

Sementara Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menegaskan bahwa pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk penanganan virus corona. Namun, ia menegaskan bahwa tidak ada nominal khusus untuk anggaran tersebut.

"Nominal ya susah malah nanti ada batasnya, gak ada nominal," ujarnya dalam konferensi pers di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin (2/3).

Baca Juga: Menkeu Tunggu Laporan Menkes soal Dana Penanggulangan Virus Corona

3. Tes virus corona Rp700 ribu

Pemerintah Pastikan Tak Ada Biaya untuk Tes Virus CoronaJuru bicara penanganan virus corona, Achmad Yurianto memberikan keterangan pers di Gedung KSP, Jakarta Pusat, Kamis 5 Maret 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

IDN Times pernah mereportase Rumah Sakit Persahabatan pada 5 Maret lalu. Saat itu ada beberapa warga yang hendak melakukan tes virus corona. Seorang karyawan swasta, Baim, mengatakan harus membayar Rp705 ribu untuk menjalani tes virus corona.

"Kalau inisiatif sendiri bayar Rp705 ribu, tapi kalau ada rekomendasi dari kantor atau jaminan dari kantor yang bayar kantor, tergantung ada kerja sama atau tidak," ujarnya pada IDN Times di Poliklinik Khusus Virus Corona.

Baca Juga: Tidak Gratis, Biaya Tes Virus Corona di RSUP Persahabatan Rp705 Ribu

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya