Menkes Lapor ke Jokowi soal COVID-19 Makin Merajalela, Apa Responnya? 

Pemerintah telah siapkan tambahan tempat tidur dan obat

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, telah melaporkan perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia pada Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Menurut Budi, ia melaporkan bahwa kasus virus corona di Indonesia memang semakin melonjak.

"Kami sampaikan saat ini memang terjadi peningkatan yang luar biasa, dan itu penting untuk bisa fokusnya bukan hanya ke sisi hilir, di sisi rumah sakit, di sisi penanganan orang sakit, tapi lebih penting lagi fokus ke sisi hulu, bagaimana kita mencegah agar orang sehat ini jangan menjadi sakit," kata Budi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (21/6/2021).

Baca Juga: COVID-19 Menggila, Puan Desak Pemerintah Segera Terapkan PSBB Terbatas

1. Menkes sebut pemerintah sudah siapkan tempat tidur hingga obat-obatan untuk atasi lonjakan kasus COVID-19

Menkes Lapor ke Jokowi soal COVID-19 Makin Merajalela, Apa Responnya? Budi Gunadi Sadikin (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, Budi juga melaporkan terkait kesiapan pemerintah menghadapi lonjakan kasus COVID-19 usai Lebaran. Berkaca dari melonjaknya kasus di awal tahun, Budi menyampaikan, pemerintah telah menyiapkan tambahan tempat tidur hingga obat-obatan.

"Kami sampaikan berdasarkan pengalaman di peningkatan kasus Januari, Februari di awal tahun ini. Kami sudah mempersiapkan lebih dini jumlah tempat tidur yang ada, obat-obatan yang diperlukan, peralatan seperti APD dan juga masker yang dibutuhkan. Termasuk juga tenaga kesehatannya," jelas Budi.

2. Jokowi ingin penanganan COVID-19 dilakukan dari hulu

Menkes Lapor ke Jokowi soal COVID-19 Makin Merajalela, Apa Responnya? Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Terkait lonjakan kasus yang terjadi di Indonesia, Budi menyampaikan, Jokowi memerintahkan agar penanganan COVID-19 dimulai dari sisi hulu.

"Beliau memberikan arahan dua hal agar kita menangani di sisi hulunya dengan baik, sehingga mengurangi tekanan ke sisi hilirnya, di mana kita bisa menangani agar mencegah orang sehat ini tidak menjadi sakit. Bukan hanya menangani orang yang sudah sakit menjadi sembuh," ucap Budi.

3. Jokowi minta implementasi PPKM mikro diperkuat

Menkes Lapor ke Jokowi soal COVID-19 Makin Merajalela, Apa Responnya? Ilustrasi PPKM mikro (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Selain itu, Jokowi juga minta agar implementasi PPKM mikro diperkuat. Ia juga ingin agar proses vaksinasi dipercepat, sehingga masyarakat yang terpapar virus corona semakin berkurang.

"Arahan beliau adalah kita harus memperkuat implementasi lapangan untuk program PPKM mikro, dan yang kedua kita harus mempercepat vaksinasi," tutur Budi.

Baca Juga: Seorang Guru Meninggal karena COVID-19, Anies Sempat Kirimkan Dokter 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya