Meme Wajah Sandiaga Jadi Perbincangan Warganet

Ada yang simpati, ada yang mengolok-olok

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, mendeklarasikan kemenangan atas real count yang dihitung oleh internal Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga untuk kedua kalinya pada Kamis (18/4). Berbeda dengan deklarasi pertama usai perhitungan cepat, pada Rabu (17/4), yang dilakukan Prabowo tanpa calon wakil presiden Sandiaga Uno, deklarasi kedua menghadirkan keduanya.

Menariknya, dalam deklarasi kedua tersebut, ada hal lain yang mencuri fokus publik ketimbang isi deklarasi yang disampaikan oleh Prabowo. Dalam sejumlah unggahan di media sosial, publik justru memperbincangkan ekspresi Sandiaga yang dinilai "tak biasa".

1. Ekspresi Sandiaga saat Prabowo deklarasi disebut terlihat lesu

Meme Wajah Sandiaga Jadi Perbincangan WarganetIDN Times/Irfan Fathurohman

Dalam deklarasi kedua, pada Kamis (18/4), Sandiaga tampak berdiri di samping Prabowo dan terdiam. Sesekali ia mengangkat siku tangannya sambil terbatuk. Sikap Sandiaga dan ekspresinya yang "layu" rupanya berhasil menarik perhatian publik.

Dalam sejumlah unggahan di media sosial dan Whatsapp Group, publik mengatakan bahwa ekspresi sedih yang ditunjukkan Sandiaga lantaran ia tertekan atas deklarasi kemenangan yang dibacakan oleh Prabowo. Namun, BPN mengonfirmasi bahwa ekspresi Sandiaga seperti itu karena dirinya masih dalam keadaan kurang sehat.

"Oh iya, Pak Sandiaga Uno sempat bincang-bincang sama saya, selama 5 menit, beliau agak kurang sehat, kecapekan luar biasa. Karena rata-rata hanya tidur 2 jam, apalagi umrah kemarin, juga masih capek dan padat, dan cegukan, suaranya nggak bisa keluar. Itu memang tadi nyata. Saya cuma agak pakai bahasa gitu, hilang suaranya," ujar Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandiaga, Priyo Budi Santoso, di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (18/4).

Baca Juga: Dicari Waganet, Sandiaga Uno Akhirnya Muncul Elus Kucing Prabowo

2. Wajah Sandiaga dijadikan meme di media sosial

Meme Wajah Sandiaga Jadi Perbincangan WarganetTwitter

Ekspresi lesu Sandiaga tersebut telah terekam kamera awak media yang meliput deklarasi tersebut. Ekspresi Sandiaga itu lantas dijadikan meme di media sosial dengan berbagai kalimat keterangan bernada kesedihan.

3. Banyak warganet membela Sandiaga

Meme Wajah Sandiaga Jadi Perbincangan WarganetTwitter

Namun rupanya, tak semua warganet setuju dengan meme0meme dari ekspresi Sandiaga yang dinilai mengolok-oloknya. Sejumlah warganet lainnya membela Sandiaga dan meminta agar ekspresi Sandi sebagai meme.

"Please stop using Sandiaga Uno as your content of unethical memes," kata akun @muhaust.

"Sebenernya ngga cuma soal muka sandiaga aja yang dibuat meme lucu-lucuan yang bikin aku sedih. Meme meme lain yang mengadopsi muka orang yang mungkin tanpa seijin orang tersebut buat didokumentasi apalagi buat bahan ketawa khalayak banyak, please attitude nya," tulis akun @dikoadhea.

"Mukanya Pak Sandiaga dijadiin meme, padahal saya sedih beneran liatnya," ucap akun @almanrw.

"Menurut gue meme Sandiaga Uno udah kelewatan, I mean, dalam kondisi beliau yang kaya gitu orang-orang masih pada make fun of him. You guys are too much," tulis akun @inuyashaissagod.

Baca Juga: Prabowo Deklarasi Kemenangan Lagi, Sandi Hanya Terdiam

4. Sandiaga mengaku sedang sakit

Meme Wajah Sandiaga Jadi Perbincangan WarganetIDN Times/@sandiuno

Sebelumnya, dalam deklarasi pertama, Sandiaga tak hadir menemani Prabowo. Absennya Sandi seolah menjadi misteri yang menarik perhatian publik. Misteri itu akhirnya terpecahkan ketika Sandiaga memposting status di halaman Instagram miliknya untuk kali pertama setelah Pemilu 2019 selesai digelar.

Dalam foto yang diunggah, Kamis (19/4) pukul 13.20 WIB, nampak Sandiaga Uno dan istri mengelus kucing yang digendong Prabowo. Dalam foto tersebut, Sandiaga Uno menulis ucapan terima kasih kepada Prabowo yang telah menjenguknya.

"Terima kasih Pak @Prabowo yang sudah menjenguk saya tadi malam ditemani kucing kesayangannya. Mohon maaf belum bisa mendampingi bapak. Mohon doa dari semuanya untuk kesembuhan saya," tulis Sandi di akunnya, @sandiuno.

Baca Juga: Jadi Trending Topik di Twitter, Netizen Cari Sandiaga Uno 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya