Comscore Tracker

KPU Sebut Pilpres di Indonesia Telah Mendapatkan Pujian dari Dunia

Pemilu 2019, batu ujian bagi para penyelenggara pemilu

Jakarta, IDN Times - Ketua tim hukum KPU, Ali Nurdin, membantah bahwa pihak KPU telah melakukan kecurangan di Pemilu 2019. Bahkan, ia menyampaikan, Pilpres 2019 di Indonesia mendapatkan pujian dari belahan dunia. Hal itu disampaikannya dalam sidang kedua sengketa hasil Pilpres 2019, di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Pelaksanaan pilpres di Indonesia telah mendapatkan pujian dari belahan dunia karena berjalan aman, damai, dan tanpa adanya kecurangan yang berarti," kata Ali di ruang sidang.

Selain itu, Ali menyampaikan KPU menyadari bahwa Pemilu 2019 adalah batu ujian bagi para penyelenggara pemilu.

"Termohon (KPU) menyadari bahwa Pemilu 2019 menjadi batu ujian dalam menjalankan prinsip demokrasi karena pertama kali dalam sejarah Pemilu digelar secara serentak," terangnya.

Di hadapan majelis hakim, Ali juga membantah KPU telah memihak pada kubu pasangan calon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. Ia menegaskan, KPU adalah lembaga independen yang tidak bisa diintervensi siapa pun.

Hari ini, Selasa (18/6), Mahkamah Konstitusi menggelar sidang kedua Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Presiden 2019 atau sengketa hasil Pilpres 2019. Sidang akan dimulai sejak pukul 09.00 WIB, di Ruang Sidang Pleno Gedung MK.

Adapun agenda sidang hari ini adalah mendengarkan jawaban termohon, dalam hal ini KPU, dan pihak terkait yakni pasangan calon capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf.

Baca Juga: Di Sidang Kedua Sengketa Pilpres, KPU Bantah Lakukan Kecurangan

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You