Ketum Parpol Koalisi Indonesia Kerja akan Bertemu Jokowi, Bahas Apa?

Bahas Kabinet gak ya?

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin menyampaikan bahwa pada pertengahan Juli ini akan ada pembicaraan mengenai Kabinet. Hal itu disampaikan Cak Imin saat hendak bertemu dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (2/7).

"Beliau (Jokowi) bilang akan ada pembicaraan (tentang Kabinet) sekitar pertengahan Juli," kata Cak Imin.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Arsul Sani, mengatakan tidak menutup kemungkinan bahwa Jokowi akan segera membahas soal Kabinet bersamaan dengan para ketua umum partai koalisi. Namun, tepatnya kapan, ia belum mengetahuinya.

1. Dalam waktu dekat akan ada pertemuan Jokowi bersama ketum parpol

Ketum Parpol Koalisi Indonesia Kerja akan Bertemu Jokowi, Bahas Apa?IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Arsul menerangkan, usai pertemuan Jokowi dengan TKN dan TKD malam ini, tidak menutup kemungkinan bahwa akan segera dilaksanakan pertemuan bersama ketua umum partai koalisi. Meski begitu, Arsul belum memberitahu kapan waktu pertemuan itu terjadi.

"Dalam waktu dekat. Cuman kapan hari, atau tanggalnya, ya tentu nanti akan diberitahukan kemudian, karena bukan hanya Pak Jokowi, begitu banyak tugas sebagai kepala pemerintahan, tapi para ketua partai punya jadwal yang sudah terjadwal," kata Arsul di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (2/7).

Baca Juga: Bertemu Pendukung dari Daerah, Jokowi Banyak Ceritakan Pengalaman Lucu

2. Partai koalisi diperbolehkan usulkan nama untuk di Kabinet

Ketum Parpol Koalisi Indonesia Kerja akan Bertemu Jokowi, Bahas Apa?Dok.IDN Times/Istimewa

Terkait pembahasan jatah di Kabinet, menurut Arsul, TKN tidak mempunyai kewenangan untuk menentukan siapa-siapa yang cocok duduk di kursi menteri, karena itu adalah hak prerogratif Jokowi sebagai Presiden. Namun, lanjut dia, TKN tetap boleh mengusulkan nama-nama untuk duduk di kursi Kabinet

"Namun tentu TKN secara pribadi, katakanlah mengusulkan nama, ya boleh saja, itu kan tidak dilarang," ucap dia.

3. Pembahasan Kabinet terus dilakukan

Ketum Parpol Koalisi Indonesia Kerja akan Bertemu Jokowi, Bahas Apa?IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sementara, Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Johnny G Plate, menyampaikan bahwa pembicaraan tentang jatah kursi menteri memang selalu dilakukan bersama Jokowi. Dan menurutnya, itu adalah pembahasan yang tak pernah berhenti.

"Pembicaraan berlangsung terus-menerus tidak pernah berhenti, dalam banyak hal. Termasuk menyiapkan Kabinet ini selesai dan persiapan Kabinet selanjutnya. Itu pembicaraan yang tak berlangsung satu kali," terang Johnny.

Baca Juga: Membaca Peta Politik Partai Pendukung Prabowo-Sandi Usai Koalisi Bubar

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya