Jokowi: Penanganan COVID-19 Jadi Prioritas, Ekonomi Nyusul!

Kesehatan adalah kunci ekonomi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyampaikan bahwa kesehatan menjadi kunci penting pertumbuhan ekonomi di tengah pandemik COVID-19. Dia pun meminta jajarannya untuk memprioritaskan penanganan COVID-19 dan penanganan ekonomi bisa menyusul di belakangnya.

Hal itu dikatakan Jokowi saat memberikan arahan di Sidang Kabinet Paripurna tentang Penanganan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi untuk Penguatan Reformasi Tahun 2021, yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (7/9/2020).

1. Jokowi: kesehatan adalah kunci ekonomi kita

Jokowi: Penanganan COVID-19 Jadi Prioritas, Ekonomi Nyusul!Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Di hadapan jajarannya, orang nomor satu di Indonesia itu mengingatkan tentang kesehatan yang menjadi kunci perekonomian Indonesia. Sehingga, kesehatan harus diatasi dengan baik, jika ingin pertumbuhan ekonomi baik juga.

"Yang perlu saya ingatkan, sekali lagi bahwa kunci dari ekonomi kita agar baik adalah kesehatan yang baik," kata Jokowi.

Baca Juga: Pemulihan Ekonomi Diprediksi Lambat, Indonesia Semakin Dekat ke Resesi

2. Jokowi minta penanganan COVID prioritas, ekonomi menyusul

Jokowi: Penanganan COVID-19 Jadi Prioritas, Ekonomi Nyusul!Dok. Biro Pers Kepresidenan

Oleh karena itu, Jokowi meminta Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk fokus terhadap penanganan COVID-19. Penanganan ekonomi menyusul menjadi prioritas setelah itu.

"Saya ingin perintahkan jajaran Komite Penanganan COVID dan Pemulihan Ekonomi, Menkes, dan TNI-Polri, betul-betul agar yang berkaitan dengan urusan penanganan COVID betul-betul menjadi fokus kita. Ekonomi akan mengikuti," tutur Jokowi.

"Sekali lagi kalau penanganan COVID baik, kalau kesehatan baik, ekonominya juga akan membaik," lanjut dia.

3. Jokowi sebut kesehatan yang baik, ekonomi juga baik

Jokowi: Penanganan COVID-19 Jadi Prioritas, Ekonomi Nyusul!Ilustrasi perekonomian Indonesia (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Jokowi, dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, jajarannya harus fokus terhadap penanganan COVID-19. Ia meminta agar fokus terhadap kesehatan.

"Kesehatan yang baik akan menjadikan ekonomi kita baik. Artinya fokus kita tetap nomor satu adalah kesehatan adalah penanganan COVID. Karena memang kuncinya ada di sini," ujarnya.

Baca Juga: 100 Dokter Gugur, DPR Minta Pemerintah Evaluasi Penanganan COVID-19

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya