Jokowi: Pemerintah Tidak Boleh Alergi Terhadap Kritik

Lembaga dan pemerintah jangan cepat berpuas diri

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengingatkan kepada para lembaga negara agar tidak cepat berpuas diri. Menurut dia, segala pencapaian dari lembaga-lembaga negara tersebut adalah modal masa depan.

"Modal kita bersama untuk menghadapi tantangan masa depan. Kita tidak boleh cepat berpuas diri. Kita perlu saling mengingatkan dan saling membantu," kata Jokowi dalam sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, di Gedung DPR/MPR RI, Jumat (16/8).

Kemudian, Jokowi juga menyampaikan agar para lembaga dan pemerintah tidak alergi terhadap kritikan. Bagaimanapun kritikan harus diterima.

"Kita tidak boleh alergi terhadap kritik. Bagaimanapun kerasnya kritik itu, harus diterima sebagai wujud kepedulian, agar kita bekerja lebih keras lagi memenuhi harapan rakyat," terangnya.

Jokowi melanjutkan, dalam negara berdemokrasi, perbedaan memang menjadi hal yang wajar. Namun, hal itu tidak pula menjadikan bangsa Indonesia untuk saling membenci.

"Akan tetapi, perbedaan bukanlah alasan bagi kita untuk saling membenci, bukan alasan bagi kita untuk saling menghancurkan, atau bahkan saling meniadakan," ujar Jokowi.

"Jika perbedaan itu kita kelola dalam satu visi besar yang sama, maka akan menjadi kekuatan yang dinamis. Kekuatan untuk mencapai Indonesia Maju," lanjutnya.

Baca Juga: [LINIMASA] Sidang Tahunan MPR 2019, Jokowi Beri Kejutan Apa?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya