Jokowi Minta Menristekdikti Ajak Mahasiswa Berdialog

Supaya mahasiswa gak turun ke jalan lagi

Jakarta, IDN Times - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir mendapatkan perintah dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk melakukan dialog dengan para mahasiswa yang turun ke jalan dan melakukan aksi unjuk rasa.

"Arahannya (Jokowi), jangan sampai kita gerakkan massa, kita melakukan sesuatu yang tak diinginkan oleh keamanan. Jangan sampai mengacaukan keamanan, jangan sampai terjadi," kata Menteri Nasir di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (26/9).

1. Nasir akan berdialog dengan mahasiswa untuk tidak turun ke jalan lagi

Jokowi Minta Menristekdikti Ajak Mahasiswa BerdialogIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menteri Nasir berencana menggelar dialog dengan para mahasiswa. Ia juga akan meminta para mahasiswa kembali ke kampusnya masing-masing.

"Ya mengajak mahasiswa, diajak dialog baik. Tidak turun ke jalan, tapi kita kembali ke kampus masing-masing," jelas Nasir.

Baca Juga: Usai Demo DPR, 50 Mahasiswa Diduga Ditangkap

2. Nasir meminta para rektor memberitahu mahasiswa agar tak gelar aksi lagi

Jokowi Minta Menristekdikti Ajak Mahasiswa BerdialogIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Nasir juga mengaku telah memberitahukan kepada para rektor dan pimpinan perguruan tinggi guna memberitahu mahasiswanya agat tak melakukan aksi lagi. Jangan sampai, lanjut Nasir, mahasiswa demo dan ditunggangi oleh kepentingan lain.

"Mahasiswa dalam hal ini dalam melakukan kritik saya persilakan tetapi dengan cara yang baik karena dia orang akademik. Orang yang memiliki intelektual yang baik. Oleh karena itu melalui kampus lah yang mereka bisa lakukan," ujar Nasir.

3. Nasir akan datangi kampus-kampus untuk berdialog soal tuntutan

Jokowi Minta Menristekdikti Ajak Mahasiswa Berdialoginstagram.com//holdanajunaid

Rencananya, Nasir akan mendatangi kota-kota dan kampus-kampus di Indonesia untuk melakukan dialog. Dialog yang dilakukan yakni berkaitan dengan tuntutan yang dibacakan oleh para mahasiswa dalam aksi kemarin.

"Kita lakukan bersama dalam kaitan masalah kemarin UU yang telah, RUU yang telah diajukan, dan kemudian bagaimana pemahamannya nanti dari Menkumham lah yang bisa menjelaskan secara detail apa yang ada di dalamnya," tutur dia.

4. Nasir sebut sebagian mahasiswa tidak tahu apa tuntutan mereka

Jokowi Minta Menristekdikti Ajak Mahasiswa BerdialogIstimewa/Yahya M. Ilyas

Selain itu, Nasir juga berharap agar mahasiswa jangan sampai dipengaruhi kepentingan lain. Menurutnya, tidak semua mahasiswa murni ingin perjuangkan tuntutannya, namun sebagian ada yang tidak tahu terhadap yang mereka lakukan.

"Yang saya tanya saat itu ada yang gak tahu apa yang dikemukakan. Tapi hanya ingin ini dibatalkan. Apa yang dibatalkan, isi substansinya tidak tahu secara detail. Ini yang perlu kita sampaikan. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai insan akademik mari kita bicarakan dengan baik, yaitu melalui dialog," terang Nasir.

Baca Juga: Ngotot Tak Ingin Keluarkan Perppu UU KPK, Menkumham: Lewat MK Saja

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya