[BREAKING] Jokowi Lantik Listyo Sigit Jadi Kapolri di Istana

Listyo Sigit kini telah resmi menjadi Kapolri

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri baru menggantikan Jenderal Pol Idham Azis. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2021), pukul 09.30 WIB.

Pantauan melalui siaran langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi memasuki Istana Negara pada pukul 09.32 WIB dengan didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Pelantikan Kapolri hari ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5/Polri/Tahun 2021 tentang Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Lalu, proses pembacaan sumpah jabatan pun dimulai. Dipimpin oleh Jokowi, Listyo mulai membacakan sumpah jabatan kalimat per kalimat mengikuti ucapan Jokowi.

"Demi Tuhan YME, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Listyo mengikuti Jokowi.

Acara pelantikan Kapolri ini dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, mantan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan lainnya.

Baca Juga: Jokowi Lantik Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri Hari Ini

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya