Comscore Tracker

Suasana TMP Kalibata Jelang Upacara Pemakaman BJ Habibie

Habibie akan dimakamkan disamping Ainun

Jakarta, IDN Times - Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9). Prosesi pemakaman akan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB.

Pantauan IDN Times, sejak pukul 09.00 WIB, suasana di TMP Kalibata sudah mulai ramai, khususnya dari personel pengamanan dari Paspampres, TNI, dan Polri. Liang lahat untuk peristirahatan terakhir Habibie juga sudah disiapkan.

Sementara, tenda berwarna merah putih sudah berdiri tegak. Kursi-kursi berwarna putih untuk para tamu juga sudah berjejer rapi, melingkari liang lahat.

Sejumlah awak media juga sudah siap merekam dan meliput prosesi upacara pemakaman Bapak Inspirator itu.

Dalam upacara pemakaman Habibie siang ini, Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan menjadi inspektur upacara. Jokowi dijadwalkan akan hadir sekitar pukul 13.30 WIB.

Habibie juga akan dimakamkan persis di sebelah pusara istrinya, Ainun Habibie. Makam keduanya terlihat berjejer rapi.

Putra bungsu BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie, sebelumnya mengatakan sang ayah wafat pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB, pada usia 83 tahun. Habibie sempat menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, sejak 2 September lalu.

"Saya harus menyampaikan ini, bahwa Ayah saya, Presiden Ketiga RI, BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9).

Habibie wafat karena faktor usia dan faktor lainnya, yakni karena jantung yang sudah melemah. "Jantungnya sudah berhenti beraktifitas, seperti yang saya bilang, karena umur dan aktifitas yang banyak," ujar Thareq.

Baca Juga: Amien Rais: Habibie Berlian Besar dari Tubuh Bangsa Indonesia

Topic:

  • Yogi Pasha
  • Septi Riyani

Just For You