Alasan Jokowi Tunjuk Darmin Nasution Gantikan Puan Jadi Menko PMK

Puan Maharani memilih menjadi anggota DPR

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menunjuk Menteri Koordiantor Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution sebagai pelaksana tugas (Plt) Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), yang sebelumnya dijabat oleh Puan Maharani.

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita Irawati mengatakan, Jokowi menunjuk Darmin sebagai Plt Menko PMK karena dianggap memahami kerja dari jabatan tersebut.

"Sudah melalui berbagai pertimbangan, termasuk sudah memahami berbagai hal yang harus ditangani di kementerian terkait," terang Adita saat dihubungi wartawan, Selasa (1/10).

Diketahui, Puan Maharani meninggalkan jabatannya sebagai Menko PMK karena terpilih sebagai anggota DPR periode 2019-2024. Bersama ratusan anggota DPR terpilih, hari ini Puan dilantik sebagai anggota dewan. Puan lebih memilih menjadi anggota DPR ketimbang menuntaskan tugasnya sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla. 

Tidak hanya Puan, Yasonna Laoly juga mengambil langkah yang sama. Dia memilih menjadi anggota DPR dan melepas kursi menteri hukum dan HAM yang didudukinya sejak 2014 lalu. Kini, posisi Yasonna di kabinet digantikan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

https://www.youtube.com/embed/J9z0uUyFsIU

Baca Juga: Lepas Kursi Menteri, Yasonna Laoly Sah Jadi Anggota DPR 2019-2024

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya