Ahok Sebut Anies Lebih Pintar Atasi Banjir

Ahok minta rakyat percaya pada Anies

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bisa mengatasi banjir dengan baik. Ia pun percaya Anies sepenuhnya bisa mengatasi masalah banjir.

"Kita harus percaya, Pak Anies itu lebih pinter ngatasinya," kata Ahok di Gedung KSP, Jakarta Pusat, Selasa (14/1).

Baca Juga: Cerita Teknisi 'Masjid Ahok' Menampung Korban Banjir Jakarta Era Anies

1. Ahok sebut banyak yang memberi masukan pada Anies soal banjir

Ahok Sebut Anies Lebih Pintar Atasi BanjirKomisaris Utama Pertamina Basuki Tjahja Purnama (Ahok) datang ke Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin 9 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Ketika diminta memberi masukan kepada Anies dalam mengatasi banjir, Ahok enggan menjawab detail. Dia hanya mengatakan, sudah banyak pihak yang memberi masukan kepada Anies soal banjir.

"Udah banyak yang kasih masukan kok," ucap Ahok.

2. Anies sempat sayangkan publik hanya menyoroti banjir di Jakarta

Ahok Sebut Anies Lebih Pintar Atasi BanjirGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu 8 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya menyayangkan perhatian publik yang hanya fokus pada banjir di Ibu Kota. Padahal banjir juga terjadi di Jawa Barat dan Banten.

"Sayangnya tidak semua dapat perhatian dalam percakapan," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (9/1).

Meski dapat sentimen negatif dari publik, Anies mengaku tetap fokus bekerja memastikan seluruh fasilitas, personalia, dan sumber daya berfungsi dengan cepat.

Ia mencontohkan gedung yang hilang, rumah longsor, jalan rusak, bundaran HI, mal, dan kantor tertutup tidak ada ketika banjir terjadi.

"Itu semua tidak ada, tapi pembicaraannya tinggi," jelas dia.

Anies mengaku pihaknya terus bekerja membenahi Jakarta pascabanjir menggunakan kenyataan, sehingga tak acuh pada sentimen negatif publik.

"Percakapan bisa naik turun, bisa positif negatif. Tapi, kita bekerja untuk memastikan layanan berjalan baik, warga terlindungi," katanya.

3. Puluhan ribu orang terdampak banjir

Ahok Sebut Anies Lebih Pintar Atasi BanjirIDN Times/Istimewa

Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak 31 Januari 2019 hingga 1 Januari 2020, menyebabkan 158 kelurahan di Ibu Kota terendam banjir.

Bencana yang berdampak pada 36.444 orang ini diklaim sudah surut seminggu pascabanjir. Namun, hingga kini ratusan pengungsi masih bertahan di tempat penampungan.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sunariyah
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya