Comscore Tracker

Kondisi Sungai Berbatu, Pencarian Korban Sungai Sempor Libatkan Kopaska

800 Personel dikerahkan untuk proses pencarian

Sleman, IDN Times -  Korban siswa SMP Negeri 1 Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta yang hanyut di Sungai Sempor terus bertambah. Hingga Sabtu(22/2) siang, sembilan siswa anggota Pramuka peserta susur sungai ditemukan meninggal dunia.

Petugas gabungan yang terdiri dari SAR Nasional (Basarnas) DIY, TNI, Polri, dan relawan terus mencari siswa yang diduga hanyut sejak Jumat(21/2). Pencarian sedikit terkendala dengan kondisi sungai yang berbatu dan memiliki embung.

Untuk mempermudah upaya pencarian, Basarnas akan meminta bantuan dari TNI Angkatan Laut(AL) agar bisa melibatkan Komando Pasukan Katak (Kopaska).

Baca Juga: Kronologi Tragedi Susur Sungai yang Tewaskan 6 Siswa SMP N 1 Turi

1. SAR Gabungan kerahkan 851 personel

Kondisi Sungai Berbatu, Pencarian Korban Sungai Sempor Libatkan KopaskaTim Pencari yang terdiri dari Basarnas, Polisi, TNI dan relawan lain IDN Times/Siti Umaiyah

Kepala Basarnas DIY Lalu Wahyu Efendi menjelaskan operasi SAR gabungan sudah dilangsungkan sejak Jumat 21 Februari sore. Hasil Operasi SAR gabungan sejak Jumat sore mencatat peserta susur sungai 249 siswa, selamat 239 siswa dan meninggal dunia 9  siswa.

“Kita semua berduka, kita ucapkan bela sungkawa kepada keluarga dan satu masih dicari Kita dibantu untuk mencari yang satu ini. Dibantu 851 tim pencari,” kata Wahyu Efendi di lokasi kejadian.

2. SAR Gabungan temui kendala di lokasi

Kondisi Sungai Berbatu, Pencarian Korban Sungai Sempor Libatkan KopaskaPencarian siswa yang terbawa arus saat susur sungai Sempor, Sleman Yogyakarta - IDN Times/Siti Umaiyah

Wahyu Efendi menjelaskan SAR Gabungan menemui sejumlah hambatan saat pencarian korban. “Memang ada kesulitan sungainya berbatu , dan ada semacam embung di dalamnya,” kata Wahyu Efendi.

Menurut Wahyu Efendi, SAR Gabungan meski berasal dari unsur yang berbeda mampu bekerja sama dengan baik. “Mudah mudahan dengan kerja sama dapat menemukan 1 korban yang masih belum ketemu. Berdoa semua ya semoga segera ditemukan,” ujarnya

3. Akan dikerahkan tim dari Angkatan Laut

Kondisi Sungai Berbatu, Pencarian Korban Sungai Sempor Libatkan KopaskaKorban yang berhasil dievakuasi saat hanyut pada kegiatan susur Sungai Sempor, Dukuh, Donokerto, Turi, Jumat (21/2) sore/IDN Times/Istimewa 

Sementara itu tim katak dari Angkatan Laut rencananya akan diterjunkan, hal ini disebabkan banyaknya embung yang terdapat di dalam sungai. 

Baca Juga: Susur Sungai Sempor: 9 Meninggal, 1 Korban Masih Hilang

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya