YouTube Tidak Bisa Diakses Pagi Ini, Ada Apa?

YouTube tak bisa diakses oleh penggunanya di seluruh dunia

Jakarta, IDN Times - Warganet pada Kamis pagi (12/11/2020) telah menumpahkan unek-unek mereka lantaran sejak pukul 08:00 WIB tadi sudah tak bisa mengakses aplikasi pemutar video, YouTube. Rupanya permasalahan ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja tetapi juga di seluruh dunia. 

Dikutip dari akun resmi Twitter milik YouTube pada pagi ini, tim YouTube membenarkan memang terjadi permasalahan pada platform mereka. 

"Bila Anda memiliki permasalahan dan kesulitan menonton YouTube saat ini, maka Anda tak sendirian. Tim kami menyadari permasalahan ini dan tengah bekerja untuk memperbaikinya. Kami akan terus sampaikan informasi terbaru," demikian cuitan di akun @TeamYouTube pada pagi ini. 

Namun, setelah berlangsung selama 30 menit, platform YouTube sudah bisa kembali diakses. Namun, para pengguna internet, terutama di Indonesia jelas memprotes kejadian ini. Apa saja unek-unek yang mereka sampaikan di akun media sosial yang lain?

1. Pengguna juga tidak bisa mengakses jaringan lain terkait YouTube seperti YouTube TV

YouTube Tidak Bisa Diakses Pagi Ini, Ada Apa?Ilustrasi YouTube TV (www.techhive.com)

Laman Verge melaporkan isu di mana pengguna tidak bisa mengakses platform YouTube juga merembet ke platform lain yang dimiliki oleh Google, termasuk YouTube TV dan Google TV. Tim di Verge juga sudah mencoba platform tersebut namun gagal loading

Berdasarkan data yang dimiliki oleh situs DownDetector ada banyak laporan dari pengguna mengenai gagal akses ke YouTube. Hal ini menunjukkan bahwa permasalahannya telah menyebar luas. Data dari situs itu memperlihatkan ada lebih dari 278 ribu laporan pengguna dunia maya kurang dari satu jam. 

Keluh kesah pengguna internet kemudian dialihkan ke media sosial lainnya seperti Twitter. 

Baca Juga: 10 YouTube Channel Indonesia yang Memberikan Motivasi

2. YouTube meminta maaf karena terjadi permasalahan

YouTube Tidak Bisa Diakses Pagi Ini, Ada Apa?Ilustrasi YouTube (Tangkapan layar Youtube)

Melalui akun media sosialnya, tim di YouTube meminta maaf atas permasalahan yang menimpa para pengguna pada hari ini. 

"Turut prihatin dan maaf mengetahui hal ini. Kami juga menerima laporan serupa dan tengah berusaha memperbaikinya. Kami menghargai kesabaran Anda saat ini," kata mereka. 

Sementara di akun @TeamYouTube, mereka sudah menerima lebih dari 10 ribu respons di thread tersebut. 

3. Warganet kesal akses YouTube terganggu sehingga tagar #YouTubeDOWN trending

YouTube Tidak Bisa Diakses Pagi Ini, Ada Apa?Ilustrasi aplikasi pemutar video YouTube down (Tangkapan layar YouTube)

Lantaran sempat tak bisa diakses, warganet pun mengeluarkan unek-uneknya di media sosial. Tagar #YouTubeDOWN pun menjadi trending di Tanah Air. 

Baca Juga: Langkah Praktis Membuat Channel YouTube Hanya dengan Smartphone

Topik:

  • Anata Siregar
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya