5 Potret Patung Bung Karno Naik Kuda yang Diresmikan Prabowo-Mega

Pembangunan patung Bung Karno adalah janji Prabowo ke Mega

Jakarta, IDN Times - Akhirnya tunai sudah janji Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri untuk membangun patung Bung Karno naik kuda. Prabowo kali pertama mengatakan akan membangun patung tersebut pada awal Februari 2021. 

"Nanti, Kemhan akan punya patung Bung Karno di atas kuda. Izin, Bu. Ada sejarah Bu," ungkap Prabowo kepada Megawati di Akademi Militer Magelang pada 7 Februari 2020.

Ketika itu, juga diresmikan patung Bung Karno di Akmil. Prabowo mengatakan, Sukarno adalah panglima tertinggi TNI. Fakta sejarah itu harus diabadikan dan disampaikan ke generasi muda. 

Satu tahun berlalu, patung Bung Karno sedang menunggangi kuda kini berdiri tegak di lapangan Bela Negara Kemhan. Patung tersebut merupakan karya dari seniman Dunadi dari Yogyakarta. Patung itu memiliki spesifikasi tinggi 6,5 meter, panjang 7,6 meter, dan lebar 2,6 meter. 

"Patung tersebut berbahan logam campuran (tembaga, kuningan, timah, dan seng sari). Ketebalan cor 2,5 milimeter - 4 milimeter dengan warna perunggu kimia bakar serta berat kurang lebih 3 ton," demikian bunyi keterangan tertulis di Instagram Kemhan, pada Minggu (6/6/2021). 

Dunadi membuat patung itu karena terinspirasi sejarah bahwa Sukarno adalah panglima tertinggi perintis kemerdekaan. "Ia melakukan inspeksi pasukan dengan menunggang kuda pada peringatan ulang tahun pertama Angkatan Perang RI (sekarang TNI) pada 5 Oktober 1946 di Alun-Alun Yogyakarta," kata Kemhan lagi. 

Simak momen peresmian patung tersebut yang menyatukan dua sahabat lama, Prabowo dan Mega: 

1. Menhan Prabowo dan Mega terlihat berbincang akrab saat hendak meresmikan patung Bung Karno menunggang kuda

5 Potret Patung Bung Karno Naik Kuda yang Diresmikan Prabowo-MegaMenhan Prabowo Subianto berjalan di samping Presiden kelima Megawati Soekarnoputri (www.instagram.com/@kemhanri)

Baca Juga: Megawati Kenang Bung Karno Pimpin Perang dengan Kuda Jinak

2. Penandatanganan monumen Bung Karno berkuda didampingi putra Mega, Prananda

5 Potret Patung Bung Karno Naik Kuda yang Diresmikan Prabowo-MegaDidampingi putranya Prananda, Mega menandatangani peresmian Monumen Bung Karno yang berkuda (www.instagram.com/@kemhanri)

3. Mega ucapkan terima kasih dan menyapa Prabowo sebagai sahabat usai peresmian Monumen Bung Karno

5 Potret Patung Bung Karno Naik Kuda yang Diresmikan Prabowo-MegaMega mengabadikan momen dengan Menhan Prabowo, Kepala BIN, KASAD, Menkum HAM dan petinggi Kemhan saat peresmian patung Bung Karno pada Mingg, 6 Juni 2021 (www.instagram.com/@kemhanri)

4. Bung Karno digambarkan berkuda karena tengah inspeksi pasukan saat HUT pertama ABRI

5 Potret Patung Bung Karno Naik Kuda yang Diresmikan Prabowo-MegaPrajurit TNI melintas di depan Patung Bung Karno di kompleks kantor Kementerian Pertahanan, Medan Merdeka Barat, Jakarta, Mingg, 6 JPrajurit TNI melintas di depan Patung Bung Karno di kompleks kantor Kementerian Pertahanan, Medan Merdeka Barat, Jakarta, Minggu, 6 Juni 2021. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Baca Juga: Politikus PDIP Usul Pasangan Puan-Anies untuk Pilpres 2024

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya