Dibolehkan Pulang, Walkot Bogor Bima Arya Masih Harus Ikuti Tes Swab

Bima akhirnya diizinkan pulang usai dirawat 22 hari

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto akhirnya dinyatakan sembuh dari COVID-19 dan sudah diizinkan pulang hari ini Sabtu (11/4). Ia berhasil pulih usai dirawat di RSUD Kota Bogor selama 22 hari. Selain Bima, adapula satu pejabat Pemkot Bogor yang sebelumnya terinfeksi virus Sars-CoV-2 itu yang juga dinyatakan pulih dan dibolehkan kembali ke kediamannya.

Kabar baik itu disampaikan langsung oleh Bima melalui unggahan di akun media sosialnya.

“Alhamdulillah, setelah 22 hari dirawat di RSUD Kota Bogor, karena kondisi sudah stabil dan baik, hari ini tim Dokter RSUD membolehkan saya dan staf kerjasama Pemkot untuk pulang dan melanjutkan isolasi secara mandiri di rumah,” kata Bima dalam unggahan di akun Instagramnya, sore ini.

Lalu, bagaimana kondisinya kini?

1. Begitu tiba di rumah, Bima masih harus menjalani isolasi mandiri

Dibolehkan Pulang, Walkot Bogor Bima Arya Masih Harus Ikuti Tes SwabBima Arya akhirnya pulang dari RSUD Kota Bogor (Instagram/@bimaaryasugiarto)

Kendati sudah sembuh dari virus mematikan itu, Bima dalam perjalanan pulangnya terlihat masih mengenakan alat pelindung diri. Ia mengatakan setibanya di rumah bakal menjalani isolasi mandiri dalam beberapa hari ke depan dengan pengawasan ketat dari tim medis.

Selain itu, selama masa isolasi mandiri di rumah, Bima berujar akan benar-benar menjaga jarak dengan anak dan istrinya.

“Keluar dari rumah sakit ikuti protokol wajib, yaitu gunakan tutup kepala, masker, dan baju rumah sakit. Di rumah pun tetap berlaku protokol isolasi ketat. Tetap di kamar dan tidak ada kontak dengan orang rumah, sampai diizinkan oleh tim medis yang terus mengawasi,” tutur Bima.

Baca Juga: Bima Arya Bukan Tertular COVID-19 di Turki, Diduga Transmisi Lokal

2. Bima mengucapkan terima kasih karena telah merawatnya di rumah sakit

Dibolehkan Pulang, Walkot Bogor Bima Arya Masih Harus Ikuti Tes SwabBima Arya akhirnya pulang dari RSUD Kota Bogor (Instagram/@bimaaryasugiarto)

Sebelum meninggalkan rumah sakit, Bima juga menuturkan rasa ucap terima kasih pada segenap tenaga medis, baik dokter dan perawat. Sebab, mereka tak kenal lelah merawatnya selama berpekan-pekan hingga sembuh.

“Tidak ada kata apapun yang cukup untuk ekspresikan terima kasih dan rasa bangga saya kepada seluruh tim medis dan non medis di RSUD Kota Bogor yang dengan super sabar dan ekstra berani telah merawat kami,” ucapnya.

Ia pun terharu dengan perjuangan tim medis yang selama ini berjibaku merawatnya. Dalam unggahanya, terlihat ia mengabadikan momen beberapa tenaga medis yang tengah beristirahat dan menjalani ibadah di tengah padatnya agenda merawat pasien.

“Dirut RSUD dr Ilham, dr Koko, dr Evelsha, dr Dharma, suster Susy, suster Ita, suster Novi, suster Vera, Hamdani, Dida, Irfan, Aldo dan Dwi. Terima kasih semua dan sehat selalu,” ujarnya.

3. Pekan depan Bima masih harus jalani satu tes swab lagi

Dibolehkan Pulang, Walkot Bogor Bima Arya Masih Harus Ikuti Tes Swab(Wali Kota Bogor Bima Arya) IDN Times/Margith Juita Damanik

Meski sudah dinyatakan sembuh, Bima disebut tetap harus menjalani tes swab pada pekan depan. Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim mengatakan tes swab harus dijalankan demi memastikan kondisi sejawatnya terbebas dari virus corona.

“Kang Bima harus mengikuti satu tes swab lagi Selasa depan untuk benar-benar memastikan kondisi kesehatannya terbebas dari COVID-19,” ucapnya kepada IDN Times, ketika dihubungi pada Sabtu sore (11/4).

Ia menambahkan Bima sudah menjalani tiga tes terkait COVID-19. Pertama, rapid test dan hasilnya dinyatakan negatif. 

“Kemudian swab tes hasilnya juga negatif dan nanti swab tes kedua untuk menegaskan bahwa beliau memang negatif,” dia melanjutkan.

Selain itu Bima juga, ujar Dedie, akan mengikuti serangkaian tes kesehatan guna memastikan kesiapan daya tahan tubuh rekan sejawatnya untuk kembali memimpin Kota Bogor.

“Di hari Selasa juga akan dicek kesehatannya secara umum seperi rontgen thorax,” katanya.

https://www.youtube.com/embed/sM9g96mrMXE

Baca Juga: Jejak Wali Kota Bogor Bima Arya Sebelum Kena Virus Corona

Topik:

  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya