Tak Mau Kalah, Relawan Jokowi-Ma'ruf Juga Deklarasikan di Malaysia

Relawan bernama 'Jokowi Macan Asia' (JMA)

Jakarta, IDN Times - Relawan pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin, yang menamakan diri "Jokowi Macan Asia" (JMA) Malaysia mendeklarasikan dukungan di Hotel Adamson, Jalan Raja Muda Abdul Azis, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (10/2).

Hadir Ketua Umum Jokowi Macan Asia (JMA) Amin Minhan, Sekjen JMA Jatmoko Suwandanu, Ketua Partai Hanura Malaysia Faisal Anas, Ketua Partai Nasdem Malaysia Tengku Adnan, serta Pengurus PKB Malaysia Misbah.

1. Relawan JMA sempat mendirikan Relawan BTP

Tak Mau Kalah, Relawan Jokowi-Ma'ruf Juga Deklarasikan di MalaysiaDoc. TKN Jokowi-Ma'ruf Amin

Mereka yang dilantik sebagai Koordinator JMA Malaysia Adi Kurnia dan Sekretaris Peni Warastuti, serta sejumlah pengurus lainnya.

"Relawan JMA terdaftar di tim pemenangan yang sekarang sudah 1.420 relawan. Kita termasuk relawan yang urutannya ke-100 yang pertama. Awalnya, kami mendirikan Relawan BTP, kemudian ada yang bilang kurang berkualitas. Akhirnya kami buat sendiri Relawan JMA yang mempunya perwakilan di luar negeri," ucap dia, seperti dilansir kantor berita Antara, Senin (11/2).

Baca Juga: Prabowo-Sandi Incar 70 Persen Suara di Malaysia

2. Menjaring relawan melalui media sosial

Tak Mau Kalah, Relawan Jokowi-Ma'ruf Juga Deklarasikan di MalaysiaIDN Times/Istimewa

Setelah mendirikan relawan JMA, Minhan kemudian melakukan tes melalui WhatsApp. Dalam waktu dua pekan, tiga grup WhatsApp sudah penuh, karena masing-masing anggota grup anggotanya 200 orang, sehingga kemudian dibuat grup baru.

"Dalam dua bulan sudah berkembang ke 28 provinsi dan sampai sekarang 89 ribu anggota. Sehingga yang capek ketua umumnya harus terbang ke sana ke mari, untuk memberikan pemahaman tentang JMA, karena saya tidak mau orang ikut-ikutan dengan JMA," tutur dia.

3. Keanggotaan berbayar Rp25 ribu per bulan

Tak Mau Kalah, Relawan Jokowi-Ma'ruf Juga Deklarasikan di MalaysiaDoc. TKN Jokowi-Ma'ruf Amin

Minham mengatakan dirinya tidak mau anggota menunggu dari JMA, namun tidak membuat 'hujan buatan'. Karena itu pihaknya membuat keanggotaan berbayar Rp25 ribu per bulan yang diharapkan bermanfaat bagi anggota.

Hadir pada kesempatan tersebut, puluhan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan masyarakat Indonesia yang tinggal di Kuala Lumpur.

4. Relawan Prabowo-Sandiaga juga menggelar deklarasi di Kuala Lumpur

Tak Mau Kalah, Relawan Jokowi-Ma'ruf Juga Deklarasikan di MalaysiaANTARA FOTO/ Agus Setiawan/pras

Pada hari yang sama, relawan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga menggelar deklarasi dukungan kepada pasangan calon nomor urut 02 itu di Kuala Lumpur. Relawan tersebut bernama Go Prabowo-Sandi (GPS) Milenial.

Deklarasi ini dihadiri lebih kurang dari 500 relawan. Mereka terdiri dari kalangan emak-emak, ekspatriat, pelajar, dan buruh migran Indonesia.

Ketua Umum Go Prabowo-Sandi (GPS) Milenial Indonesia Muhammad Rajiv Syarif mengatakan, GPS Milenial didirikan untuk sarana merapatkan barisan anak muda sebagai penggerak kesadaran politik masyarakat, khususnya millennial sebagai pemilih pemula yang menjadikan anak muda sebagai platform utama perubahan.

Baca Juga: Survei CRC: Elektabilitas Jokowi Unggul 24,4 Persen dari Prabowo

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya