Comscore Tracker

[LINIMASA] Sidang Tahunan MPR 2019, Ada Kejutan Apa dari Jokowi

Ada tiga sesi pidato presiden

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo hari ini akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam acara Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat(16/8). Jokowi bakal menyampaikan pidatonya sebanyak tiga kali mulai pagi hingga sore.

Sidang yang digelar setahun sekali ini, juga dihadiri Menteri Kabinet Kerja, tokoh nasional, dan pejabat negara lainnya. Hadir juga Wakil Presiden terpilih 2019-2024 Ma'ruf Amin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kepala BIN Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Ada juga Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Golkar Akbar Tandjung, dan Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto.

Rangkaian acara hari ini terdiri dari tiga sesi. Menurut jadwal MPR RI, pada pukul 08.00 WIB, Jokowi memulai pidato pertama. Pada pukul 10.00 WIB, Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraannya dalam rangka HUT ke-74 RI, serta pukul 14.00 WIB Jokowi sampaikan pidato mengenai RUU APBN 2020.

Selain Jokowi, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, dan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, juga akan menyampaikan pidato mereka. Sidang MPR RI pun digelar di gedung Kura-Kura.

Yang paling ditunggu-tunggu, Jokowi dikabarkan akan mengumumkan lokasi ibu kota baru Indonesia di Sidang MPR RI ini. Hal tersebut disampaikan Jokowi secara langsung di hadapan forum pemimpin redaksi media, di Istana Merdeka, Rabu (14/8).

Baca Juga: Ini Deretan Pejabat Negara yang Hadir di Sidang Tahunan MPR RI

Pukul 08.35: SBY mewakili Ibas hadiri sidang tahunan MPR

[LINIMASA] Sidang Tahunan MPR 2019, Ada Kejutan Apa dari JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Edhi Baskoro Yudhoyono atau biasa disapa Ibas turut hadir dalam Sidang Tahunan MPR RI. Berpakaian jas hitam dan peci, Ibas enggan berkomentar pada wartawan. Khususnya, pertanyaan apakah kehadiran dirinya mewakili Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang tidak bisa menghadiri acara kenegaraan ini.

SBY disebut tengah menemani sang ibunda, Siti Habibah, yang tengah dirawat karena sakit. "Pak SBY tidak hadir dikarenakan saat ini Beliau fokus merawat ibunda Beliau, Eyang Siti Habibah yang sedang sakit ya," kata Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon saat dihubungi, Jumat (16/8).

Jansen mengatakan sejak Ani Yudhoyono wafat, SBY memang belum memulai aktivitasnya lagi di ruang publik, termasuk dalam urusan politik dan kenegaraan. Meski demikian, SBY dan Partai Demokrat mendoakan pidato kenegaraan Jokowi berjalan lancar.

Pukul 08.30: Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyampaikan pidato pembukaan sidang tahunan MPR

[LINIMASA] Sidang Tahunan MPR 2019, Ada Kejutan Apa dari JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Diawali rangkaian seremonial pembuka, selanjutnya acara akan diisi dengan pembukaan sidang tahunan oleh Ketua MPR RI Zulkilfi Hasan.

Dalam pidato pembukaannya, Zulkifli mengatakan pesan yang akan disampaikan pada sidang kali ini, adalah menjahit kembali persatuan usai terjadinya polarisasi di masyarakat karena Pilpres 2019.

Pukul 08.00: Presiden Jokowi tiba di Gedung DPR disambut Ketua MPR Zulkifli Hasan

[LINIMASA] Sidang Tahunan MPR 2019, Ada Kejutan Apa dari JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Presiden Jokowi tiba di gedung DPR/MPR pada pukul 08.00 WIB. Jokowi yang didampingi ibu negara Iriana disambut Ketua MPR Zulkifli Hasan. Dalam Sidang Tahunan MPR RI ini, Jokowi akan menyampaikan tiga kali pidato yang dibagi dalam tiga sesi.

Pukul 07.30: Anggota Dewan, menteri kabinet, hingga tokoh mulai berdatangan ke Gedung DPR/MPR

[LINIMASA] Sidang Tahunan MPR 2019, Ada Kejutan Apa dari JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sejak pukul 07.30 WIB, para tokoh nasional muali berdatangan ke Gedung DPR/MPR RI. Mulai dari Wakil Presiden terpilih 2019-2024 Ma'ruf Amin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kepala BIN Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Golkar Akbar Tandjung, Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto.

Sementara, Menteri Kabinet Kerja yang terlihat hadir di antaranya Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Desa Eko Putri Sandjojo, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Menpan RB Syafruddin, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menkominfo Rudiantara, Menkumham Yasonna Laoly, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, dan Mendagri Tjahjo Kumolo.

Baca Juga: Jokowi Akan Berpidato Sebanyak Tiga Kali di Sidang MPR RI

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya