[BREAKING] 1,1 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Tahap Ke-6 Tiba di Indonesia

Vaksin merek AstraZeneca ini didapat dari jalur multilateral

Jakarta, IDN Times - Sebanyak lebih dari satu juta vaksin COVID-19 tahap keenam tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (8/3/2021). Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam sambutannya mengatakan, bahwa vaksin COVID-19 yang datang merupakan jenis AstraZaneca.

"Pada hari ini Indonesia menerima pengiriman pertama vaksin AstraZeneca sebesar 1.113.600 vaksin jadi dengan total berat 4,1 ton yang terdiri dari 11.136 karton," jelas Retno, melalui siaran virtual melalui Youtube Sekretariat Presiden.

Lebih lanjut Retno mengatakan, vaksin yang datang hari ini merupakan babak pertama pemberian vaksin melalui jalur multilateral. Indonesia disebut Retno bakal menerima setidaknya lebih dari 11 juta dosis vaksin dari jalur tersebut.

"Di dalam batch pertama Indonesia akan memperoleh 11.704.800 vaksin. Pengiriman batch pertama akan dilakukan hingga Mei 2021," terang dia.

Retno menambahkan, vaksin tersebut tidak hanya berhenti pada batch pertama. Dia dengan yakin menyebutkan bahwa akan ada batch selanjutnya untuk kedatangan vaksin dari jalur multilateral ini.

"Insya Allah akan diikuti batch berikutnya. Ketibaan vaksin multilateral ini tidak terlepas antara kementerian dan lembaga terkait di Indonesia dan juga kerjasama dengan berbagai pihak internasional seperti COVAX, GAVI, WHO, CEPI, UNICEF dan lain-lain," ujar Retno.

Baca Juga: [LINIMASA] Kemajuan Vaksin COVID-19 Terkini di Dunia

Topik:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya