Gedung di Florida Ambruk, Hampir 100 Orang Hilang Tertimbun Reruntuhan

Setidaknya satu orang dilaporkan meninggal

Jakarta, IDN Times – Sebuah gedung tempat tinggal 12 lantai di Florida Selatan, Amerika Serikat (AS), ambruk pada Kamis (24/6/2021) dini hari waktu setempat. Menurut laporan, akibat runtuhnya gedung yang berlokasi di Kota Surfside itu setidaknya satu orang tewas dan hampir 100 orang hilang dalam reruntuhan.

Upaya pencarian dan penyelamatan para korban masih dilanjutkan pada Kamis malam waktu setempat.

“Setidaknya satu orang tewas karena runtuhan,” kata Wali Kota Miami-Dade County Daniella Levine Cava seperti dilaporkan CNN. Ia menyebut total yang terdampak telah dihitung sebanyak 102 orang.

Baca Juga: Bangunan Sekolah di Belgia Roboh Tewaskan 5 Orang

1. Ada 55 unit hunian yang hancur

Gedung di Florida Ambruk, Hampir 100 Orang Hilang Tertimbun ReruntuhanANTARA FOTO/Galih Pradipta

Pejabat setempat mengatakan ada sekitar 55 dari 136 unit hunian di Champlain Towers South yang runtuh pada sekitar pukul 01.30 pagi hari Kamis. Akibat hal itu, lokasi kini dipenuhi tumpukan besar puing-puing dan material yang menggantung, sisa dari rangka gedung yang berlokasi hanya beberapa mil di utara Miami Beach tersebut.

“Setidaknya 99 orang belum ditemukan hingga Kamis sore,” menurut juru bicara Polisi Miami-Dade, Alvaro Zabaleta.

“Dua orang telah dikeluarkan dari puing-puing,” kata Asisten Kepala Penyelamatan Kebakaran Miami-Dade Ray Jadallah, tanpa membahas kondisi medis mereka.

2. Kronologi pencarian

Gedung di Florida Ambruk, Hampir 100 Orang Hilang Tertimbun ReruntuhanPuing-puing bangunan rumah yang tertimpa rumah ambruk di sebelahnya. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Menurut seorang saksi, tim penyelamat membantu menarik seorang anak laki-laki dari puing-puing dalam keadaan hidup-hidup. Rekaman video juga menunjukkan responden membantu orang-orang lainnya meninggalkan sisi bangunan yang masih berdiri.

Pimpinan Pemadam Kebakaran Negara Bagian Jimmy Patronis mengatakan, pada Kamis sore, bahwa pekerja darurat sebelumnya mendengar suara dari puing-puing. Salah satunya adalah suara dari seseorang di area garasi parkir yang sulit dijangkau.

“Ini semacam lakukan atau tidak,” kata Jimmy.

“Anda masuk ke zona di mana Anda begitu bersemangat dan begitu fokus dan bertekad untuk memastikan Anda melakukan segala yang mungkin untuk menyelamatkan hidup dalam insiden seperti ini,” imbuhnya

Baca Juga: Vaksinasi di AS Tembus 150 Juta, Joe Biden: Amerika Bergerak Kembali!

3. Petugas masih lakukan pencarian

Gedung di Florida Ambruk, Hampir 100 Orang Hilang Tertimbun ReruntuhanReruntuhan sebuah gedung yang hancur sebagian pada operasi penyelamatan, di Miami, Florida, Amerika Serikat, Kamis (24/6/2021). ANTARA FOTO/Instagram @fdpdaction via REUTERS/FOC.

Selain dua orang yang ditarik dari puing-puing, kata Jadallah, sebanyak 35 orang lainnya telah dibantu dari bagian bangunan yang berdiri. Jadallah juga mengatakan kru pencarian dan penyelamatan sedang bekerja di area garasi parkir di bawah reruntuhan.

Dia mengatakan tim telah menggunakan anjing pencari, sonar dan kamera di atas puing-puing. Tetapi, mereka harus melakukan pemotongan material dan melakukan tindakan pencarian lainnya, seperti membuat terowongan untuk menjangkau orang-orang yang terperangkap.

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya