Maktour Siap Kembalikan Uang Jemaah yang Batal Berangkat Umrah

Tiga penerbangan Garuda sudah berangkat menuju Arab Saudi

Jakarta, IDN Times - Manager Operasional Maktour Travel Umrah & Haji Muhammad Rocky mengatakan saat ini Pemerintah Arab Saudi sudah menghentikan visa untuk umrah maupun travel. Namun, pada hari ini, Kamis (27/2), sudah ada tiga pesawat milik maskapai Garuda Indonesia dan tiga pesawat Saudi Airlines yang bertolak ke Arab Saudi memberangkatkan jemaah umrah.

Rocky tak memungkiri, penutupan sementara ini berdampak kepada jemaah umrah Indonesia yang ingin berangkat ke tanah suci. Jemaah umrah diminta agar tetap bersabar menunggu kepastian dari Pemerintah Arab Saudi sampai kapan penutupan ini berlangsung.

Di sisi lain, pihaknya akan menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada jemaah dan siap mengembalikan uang mereka jika diminta.

"Kita serahkan kepada jemaah maunya seperti apa. Jika mereka ingin bersabar dan menunggu tidak apa-apa, tetapi kami siap mengembalikan uang mereka semuanya jika diminta," jelas Rocky kepada IDN Times saat ditemui di kantor Maktour, Jakarta Timur.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara kedatangan jemaah umrah dari seluruh dunia, termasuk Indonesia untuk menghindari penyebaran virus corona ke tanah suci. Sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut dari Pemerintah Arab Saudi sampai kapan pintu umrah untuk jemaah dari luar Arab Saudi akan ditutup.

Penutupan sementara ini berimbas kepada ribuan jemaah asal Indonesia yanng terpaksa mengurungkan niatnya ibadah umrah ke tanah suci. Tak hanya itu, Arab saudi menangguhkan sementara visa turis.

Baca Juga: [BREAKING] Umrah Disetop, Ini Isi Lengkap Pernyataan Arab Saudi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya