Comscore Tracker

Maktour: Jemaah yang Batal Berangkat Umrah Tak Perlu Panik, Uang Kembali

Maskapai Garuda Indonesia masih berangkatkan jemaah hari ini

Jakarta, IDN Times - Manager Operasional Maktour Travel Umrah & Haji Muhammad Rocky mengatakan kepada seluruh jemaah umrah yang gagal berangkat akibat kebijakan Pemerintah Arab Saudi diharap tidak perlu panik.

Rocky menyebutkan, Maktour Travel Umrah dan Haji akan mengembalikan seluruh uang milik jemaah yang gagal berangkat tersebut. Jemaah umrah diminta agar tetap bersabar sambil menunggu kepastian dari Pemerintah Arab Saudi sampai kapan penutupan ini berlangsung.

"Kita serahkan kepada jemaah maunya seperti apa. Jika mereka ingin bersabar dan menunggu tidak apa-apa, tetapi kami siap mengembalikan uang mereka semuanya jika diminta," jelas Rocky kepada IDN Times saat ditemui di kantor Maktour, Jakarta Timur.

Dia mengungkapkan, saat ini Pemerintah Arab Saudi sudah menghentikan visa untuk umrah maupun travel. Meskipun, pada hari ini, Kamis (27/2), sudah ada tiga pesawat milik maskapai Garuda Indonesia dan tiga pesawat Saudi Airlines yang bertolak ke Arab Saudi memberangkatkan jemaah umrah.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara kedatangan jemaah umrah dari seluruh dunia, termasuk Indonesia untuk menghindari penyebaran virus corona ke tanah suci. Sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut dari Pemerintah Arab Saudi sampai kapan pintu umrah untuk jemaah dari luar Arab Saudi akan ditutup.

Penutupan sementara ini berimbas kepada ribuan jemaah asal Indonesia yanng terpaksa mengurungkan niatnya ibadah umrah ke tanah suci. Tak hanya itu, Arab saudi menangguhkan sementara visa turis.

Baca Juga: [BREAKING] Umrah Disetop, Ini Isi Lengkap Pernyataan Arab Saudi

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya