Comscore Tracker

Pemerintah Gelar Lomba Desain Ibu Kota Baru, Ridwan Kamil Jadi Juri

Ada seniman Nyoman Nuarta juga yang jadi penilai.

Balikpapan, IDN Times - Basoeki Hadimoeljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), baru saja meresmikan sayembara desain tata kota dalam merancang gambar ibu kota negara baru di Kalimantan Timur. Peluncuran sayembara yang menantang para desainer Tanah Air itu dilakukan pada acara Dialog Nasional Rancang Bangun dan Kesiapan Kalimantan Timur Sebagai Ibu Kota Negara, di Balikpapan, Rabu (2/10).

Basoeki menjelaskan pada tahun 2019-2021 merupakan tahap perancangan kawasan IKN, termasuk di dalamnya yaitu Sayembara Urban Desain yang digelar mulai Rabu (2/10) ini sampai 18 Oktober.  

Desain ibu kota yang diharapkan oleh pihaknya termasuk area Teluk Balikpapan. Ia menjelaskan ibu kota negara yang baru akan menjadi Smart Metropolis. Bahkan Basoeki bercita-cita agar ibu kota negara ini tidak hanya menjadi ibu kota Indonesia tapi ibu kota Asia.

1. Mekanisme sayembara

Pemerintah Gelar Lomba Desain Ibu Kota Baru, Ridwan Kamil Jadi JuriIDN Times/Mela Hapsari

Peserta Sayembara Urban Desain ini dengan hadiah total Rp5 miliar ini dapat diikuti secara online melalui website sayembaraikn.pu.go.id.

Basoeki menjelaskan mekanisme sayembara ini meliputi beberapa tahapan yaitu dari pendaftaran dan pemasukan karya, kemudian akan dipilih 5 peserta terbaik, kemudian akan dipilih tiga peserta terbaik. 

3 karya terbaik ini akan dikolaborasikan dengan diperkaya oleh para ahli perencanaan perkotaan dari luar negeri  atau sayembara internasional. Setelahnya akan ditetapkan pemenang sayembara internasional.

Barulah hasil pengembangan desain dilanjutkan ke tahap penyusunan DED/ DOkumen Konstruksi, kemudian baru dilakukan konstruksi fisik.

2. Berhadiah total 5 milyar

Pemerintah Gelar Lomba Desain Ibu Kota Baru, Ridwan Kamil Jadi JuriIDN Times/Mela Hapsari

Ada 13 nama didapuk menjadi dewan juri seperti Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat yang dipilih menjadi juri sebagai praktisi arsitektur dan urban desain. Juga Nyoman Nuarta, seorang praktisi pemahat patung terkemuka di Indonesia. Daliana Suryawinata seorang arsitek yang juga diaspora, dan merupakan perwakilan generasi millenial. Selain itu Imam Santoso Ernawi, Ketua Satgas Perencana Pembangunan Infrastruktur IKN. 

Kriteria umum untuk Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara ini mesti mencerminkan identitas bangsa, menjamin keberlanjutan lingkungan, sosial, dan ekonomi, serta mewujudkan kota yang cerdas, modern, dan berstandar internasional.

Juara I akan menerima hadiah uang sebesar Rp2 miliar, Juara II mendapatkan Rp1,250 miliar, Juara III akan mendapatkan uang senilai Rp1 miliar. Sementara Harapan I mendapatkan uang senilai Rp500 juta, dan Harapan II akan menerima Rp250 juta.

Wah, tidak hanya mendapatkan uang tapi pasti bangga ide desain pemenang ini akan diterapkan untuk membangun ibu kota negara. Tertarik ikutan, guys?

Baca Juga: IKN Siap Dibangun di Penajam Paser Utara, Lokasi Desa Masih Teka-teki

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya