Real Count KPU 73,2 Persen, Selisih Suara Jokowi-Prabowo Makin Jauh

Jokowi-Ma’ruf mendominasi suara di luar negeri

Jakarta, IDN Times - Data sementara perolehan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden pada laman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia terus diperbaharui. Sampai pagi ini, Kamis (9/5) pukul 9.15 WIB, data yang masuk sudah mencapai 73,2 persen.

Perolehan suara masih didominasi oleh pasangan calon nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf dengan perolehan 56,22 persen. Sedangkan pesaingnya, pasangan calon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga memperoleh 43,79 persen.

1. Selisih perolehan suara terus meningkat

Real Count KPU 73,2 Persen, Selisih Suara Jokowi-Prabowo Makin JauhANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Sampai pagi ini, pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 01 mendapatkan perolehan 63.075.801 suara. Sementara pasangan Prabowo-Sandiaga memperoleh 49.119.652 suara.

Selisih perolehan suara kedua pasangan ini terpaut cukup jauh yaitu mencapai 14 juta suara.

2. Gorontalo dan Bali sudah menyelesaikan 99,9 persen rekapitulasi perhitungan suara

Real Count KPU 73,2 Persen, Selisih Suara Jokowi-Prabowo Makin JauhIDN Times/Denisa

Sampai hari ini, hanya Provinsi Bengkulu yang sudah mencapai 100 persen, dalam proses rekapitulasi perhitungan suara pemilihan umum calon presiden dan wakil presiden RI.

Disusul Provinsi Gorontalo dan Bali yang sudah hampir menyelesaikan rekapitulasi suaranya dan sudah mencapai 99,9 persen.

Baca Juga: [UPDATE] Kawal Pemilu: Prabowo-Sandi Memimpin di Sumatera

3. Indonesia timur masih didominasi suara Jokowi-Ma’ruf

Real Count KPU 73,2 Persen, Selisih Suara Jokowi-Prabowo Makin JauhIDN Times / Aan Pranata

Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU menjabarkan rekapitulasi perolehan suara dari tiap provinsi di Indonesia. Adapun provinsi-provinsi yang berada di Indonesia timur didominasi oleh perolehan suara pasangan kubu 01.

Sebagai contoh, pasangan Jokowi-Ma’ruf memenangi hampir 90 persen suara di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

4. Rekapitulasi perhitungan suara luar negeri sudah 87,9 persen

Real Count KPU 73,2 Persen, Selisih Suara Jokowi-Prabowo Makin JauhPemilu di Rusia (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Sampai pagi ini, rekapitulasi perhitungan suara pemilih di luar negeri sudah mencapai 87,9 persen. 90 persen Tempat Pemungutan Suara (TPS) di luar negeri, sudah menyelesaikan proses rekapitulasi perhitungan suaranya. Hanya tersisa TPS yang berada di Athena Yunani, Bandar Seri Begawan Brunei Darussalam, Kota Kinabalu Malaysia, Kuala Lumpur Malaysia, Kuching Malaysia, Sarajevo Bosnia-herzegovina, dan Sydney Australia.

Sementara sampai saat ini masih ada beberapa negara yang belum tersedia hasil rekapitulasi perhitungan suaranya, di antaranya Caracas Venezuela, Hong Kong RRT, New York Amerika Serikat, San Francisco Amerika Serikat, Taipei Taiwan, Tokyo Jepang, dan Vancouver Kanada.

Baca Juga: TKN: Jokowi-Ma'ruf Dapatkan 80 Juta Suara, Pertandingan Selesai 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya