Psst! Ini Curhat Nadiem Soal Pidato Viralnya

Wah, Nadiem ternyata merasa takut

Jakarta, IDN Times - Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim dalam peringatan Hari Guru Nasional sempat viral pekan lalu. Dalam diskusi yang berlangsung di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sudirman, Jakarta Selatan pada Sabtu (30/11), Nadiem curhat tentang perasaannya saat menuliskan pidato tersebut.

Siapa sangka mantan CEO Gojek itu juga dapat merasa deg-degan. Begitulah gambaran Nadiem terhadap perasaannya ketika menuliskan pidato viral tersebut.

1. Nadiem merasa takut saat menulis pidato

Psst! Ini Curhat Nadiem Soal Pidato ViralnyaMendikbud Nadiem Makarim hadiri Milad Muhammadiyah Ke 107 di Gedung Sportorium UMY, Senin malam(18/11). IDN Times/Humas dan Protokol UMY

"Sejujurnya saya takut saat menulis pidato itu," kata Nadiem menggambarkan perasaannya. "Di pidato itu, saya harus menyebut suatu opini nasional, sebagai seorang Mendikbud tanpa kepastian apakah saya bisa merealisasikan isi pidato itu," tambah dia lagi.

Nadiem mengatakan saat menuliskan pidato, dia harus dapat menempatkan diri dengan baik dalam pidatonya. Mendikbud menambahkan pidato itu harus memberitahukan mana yang salah dan mana yang tidak adil dalam sistem yang selama ini dijalani.

Baca Juga: Nadiem Makarim Minta Kepala Sekolah Jadi Pemimpin yang Melayani

2. Nadiem meyakini pendidikan adalah PR bersama

Psst! Ini Curhat Nadiem Soal Pidato ViralnyaMenteri Pendirikan dan Kenudayaan Nadiem Anwar Makariem ditemui usai menjadi pembina upacara peringatan Hari Guru Nasional, di Kemendikbud, Jakarta Selatan, Senin (25/11). (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Dalam pidatonya, Nadiem meyakini perihal pendidikan adalah tanggung jawab bersama dengan seluruh elemen masyarakat. "Saya punya keyakinan ini semua tanggung jawab kita bersama," kata Nadiem.

Dia menyebutkan, tidak ada janji apa pun yang disampaikan Nadiem kepada para guru di pidatonya dalam peringatan Hari Guru Nasional pekan lalu. "Tapi saya beritahu apa yang saya inginkan," ucap Nadiem.

3. Pesan Nadiem kepada para guru dalam pidatonya

Psst! Ini Curhat Nadiem Soal Pidato ViralnyaSimposium Internasional Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (Dok.IDN Times/Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Dalam pidatonya, Nadiem berpesan kepada guru agar melakukan perubahan kecil di kelas. Misalnya mengajak isi kelas berdiskusi, bukan hanya mendengarkan guru. Atau memberikan kesempatan kepada murid mengajar di kelas.

Nadiem juga mengusulkan agar guru mencetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas untuk menemukan bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri. Guru juga diharapkan dapat menawarkan bantuan kepada guru lain yang sedang mengalami kesulitan.

Nadiem meyakini perubahan-perubahan kecil tersebut dapat membawa Indonesia bergerak maju.

Baca Juga: Nadiem Makarim Pastikan Tahun Depan Masih Ada Ujian Nasional

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya