Pakai Baju Adat Sasak di Sidang Tahunan MPR, Jokowi Tampil Mencolok

Baju adat keemasan itu membuat Jokowi terlihat berbeda

Jakarta, IDN Times - Dalam Sidang Tahunan MPR 2019, di pidato kedua, Presiden Republik Indonesia Joko "Jokowi" Widodo tampil dengan mengenakan baju adat. Tahun ini, Jokowi memilih mengenakan baju adat Sasak dari Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mengenakan baju adat Sasak dengan warna keemasan dilengkapi ikat kepala sapuk khas Lombok, Jokowi tampil beda dan mencolok. Sementara Wakil Presiden Jusuf Kalla mengenakan baju adat Betawi.

Pada Sidang Tahunan MPR 2018, Jokowi saat menyampaikan pidato kenegaraannya pada 16 Agustus 2018, ia mengenakan baju adat daerah Makassar, Sulawesi Selatan. Sedangkan Jusuf Kalla saat itu mengenakan baju adat Jawa.

Menariknya, jika pada Kongres V PDI Perjuangan pekan lalu Jokowi mengenakan baju adat Bali karena berhasil memenangkan suara terbanyak di Bali, sementara di wilayah NTB, asal baju adat yang dikenakan Jokowi hari ini, suara Jokowi justru kalah dari pesaingnya di Pilpres 2019, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dalam Sidang Tahunan 2019 ini, acara terdiri dari 3 bagian. Menurut jadwal MPR, pada pukul 08.00 WIB, Jokowi memulai pidato yang pertama. Pada pukul 10.00 WIB, Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraannya dalam rangka HUT ke-74 RI, serta pukul 14.00 WIB Jokowi akan sampaikan pidato mengenai RUU APBN tahun 2020.

Selain Jokowi, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Bambang Soesatyo, dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang, juga akan menyampaikan pidato mereka. Sidang MPR pun digelar di Gedung Kura-kura.

Jokowi juga dikabarkan akan mengumumkan lokasi ibu kota baru Indonesia di Sidang MPR ini. Hal tersebut disampaikan Jokowi secara langsung di hadapan forum pemimpin redaksi media, di Istana Merdeka, Rabu (14/8).

Baca Juga: Jokowi Ucapkan Terima Kasih ke DPR karena Setujui Anggaran Dana Desa

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya