Mengenal Jeff Bezos, 3 Kali di Puncak Daftar Orang Terkaya Dunia

Jeff Bezos memutuskan mundur dari jabatan CEO Amazon

Jakarta, IDN Times - Jeff Bezos akan meninggalkan jabatannya sebagai CEO Amazon akhir tahun ini dan mengisi posisi ketua eksekutif dewan Amazon, menurut Bezos dalam surat kepada karyawan pada Selasa (2/2/2021). Posisi CEO kelak akan dijabat oleh Andy Jassy, eksekutif top dari bisnis cloud Amazon, kata Bezos.

Forbes pernah menempatkan Jeff Bezos menjadi orang terkaya pada 2020, meski akhirnya tergeser oleh CEO Tesla Elon Musk. Bukan kali pertama, Jeff menduduki posisi terkaya dunia untuk kali ketiga dalam tiga tahun berturut-turut.

Forbes mencatat milarder dunia saat ini terhitung memiliki USD8 triliun secara hitungan kasar. Angka ini disebut Forbes turun US$700 miliar dibanding 2019 lalu.

Baca Juga: Elon Musk Bisa Geser Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya di Dunia

1. Jeff punya harta lebih kurang Rp1.5 triliun

Mengenal Jeff Bezos, 3 Kali di Puncak Daftar Orang Terkaya Duniatheverge.com

Forbes mencatat Jeff memiliki harta lebih kurang US$113 miliar atau setara dengan kisaran Rp1.582 triliun (US$1 setara dengan Rp14.000 per data 8 Juni 2020). Angka ini sudah termasuk dalam kenaikan 15 persen di saham Amazon berdasarkan data Forbes.

Tahun lalu, pendiri Amazon ini baru menyelesaikan kasus perceraiannya dengan MacKenzie Bezos. Imbasnya, Jeff harus mengeluarkan uang hingga US$40 miliar atau Rp560 triliun.

Namun, posisinya sebagai orang terkaya di dunia tetap tidak tergantikan.

Baca Juga: Daftar Orang Terkaya di Dunia di Tengah Pandemi Virus Corona

2. Jeff Bezos pernah menjadi pelayan

Mengenal Jeff Bezos, 3 Kali di Puncak Daftar Orang Terkaya Duniainstagram.com/jeffbezos

Dilansir di berbagai sumber, Jeff bisa berdiri di tempatnya sekarang setelah melewati perjalanan panjang. Jeff bahkan diketahui pernah menjadi pelayan di salah satu restoran cepat saji.

Pria kelahiran 1964 ini pernah menjadi pelayan di McDoland dan juga bekerja sebagai juru masak ketika dia masih kuliah. Wah, mulai dari bawah ternyata ya Jeff.

3. Sudah bercita-cita bangun usaha sejak awal berkarier

Mengenal Jeff Bezos, 3 Kali di Puncak Daftar Orang Terkaya Duniatwitter.com/DMOberhaus

Jeff lulus dengan gelar sarjana komputer dan teknik elektro dari Princeton University, New Jersey. Kala itu, Jeff muda memulai karirnya dengan bekerja di Wall Street.

Sejak memulai kariernya, Jeff sudah bercita-cita mendirikan bisnisnya sendiri. Tempat pertamanya bekerja dipakai Jeff sebagai tempat belajar dan membangun relasi bisnis.

4. Dirikan Amazon dan terus bergerak meski sempat diragukan orang

Mengenal Jeff Bezos, 3 Kali di Puncak Daftar Orang Terkaya DuniaPemilik Amazon, Jeff Bezos (kiri), sekaligus orang terkaya di dunia saat menghadiri The Climate Pledge pada 19 September 2019. instagram.com/jeffbezos

Pada 1994, Jeff mulai mendirikan Amazon yang semula berguna sebagai toko buku online. Usaha yang dirintisnya di Washington, Amerika Serikat ini didukung orang tuanya.

Jeff memiliki keyakinan bahwa usahanya yang berbasis internet akan maju. Namun, tak sedikit orang yang sempat meragukan kelangsungan dan keberhasilan usaha Jeff ini.

Perlahan tapi pasti, Jeff memasukan barang-barang lain selain buku ke Amazon, termasuk fashion. Hingga akhirnya, Amazon bisa menjadi sebesar Amazon yang kita kenal saat ini

Baca Juga: Jeff Bezos Luncurkan Pesawat Ruang Angkasa Bernama Blue Moon

5. Dukung kampanye #BlackLivesMatter

Mengenal Jeff Bezos, 3 Kali di Puncak Daftar Orang Terkaya Duniatwitter.com/marciojmsilva

Dalam akun Instagramnya (@jeffbezos), Jeff menunjukkan kepedulian dan dukungannya terhadap kampanye #BalckLivesMatter yang sedang marak di Amerika Serikat sebagai bentuk dukungan dan pencarian keadilan atas kematian Geogre Floyd beberapa waktu lalu.

Jeff sempat menerima email tak mengenakkan dari pelanggannya di Amazon terkait hal ini. Dalam salah satu unggahannya, Jeff menjelaskan dukungannya pada #BlackLivesMatter bukan menyatakan nyawa lain dianggap tidak berharga.

Namun, gerakan ini disebutnya terkait dengan rasisme dan risiko besar yang masih harus dialami oleh orang kulit hitam di Amerika Serikat.

Baca Juga: Dapat Rp123 Miliar Sejam, Jeff Bezos Donasi Rp9,4 Miliar ke Australia

Topik:

  • Anata Siregar
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya