Jokowi Beri Ucapan Selamat untuk Kemenangan Joe Biden-Kamala Harris

Jokowi ucapkan harapannya untuk hubungan Indonesia-AS

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengucapkan selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris yang telah memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat 2020. Ucapan ini diunggah akun Instagram pribadi Jokowi pada Minggu (8/11/2020).

"Ucapan selamat terhangat saya untuk Joe Biden dan Kamala Harris untuk pemilu bersejarahnya," tulis akun bernama @jokowi tersebut.

Bersama unggahan tersebut, Jokowi menyertakan fotonya bersama Joe Biden yang tengah berjabat tangan dan mengenakan setelan jas berwarna biru yang senada.

1. Harapan Jokowi soal kerja sama Indonesia-AS

Jokowi Beri Ucapan Selamat untuk Kemenangan Joe Biden-Kamala HarrisCalon presiden Amerika Serikat dari Demokrat dan mantan wakil presiden Joe Biden berbicara dalam sebuah pemberhentian kampanye di Johnstown, Pennsylvania, Amerika Serikat, Rabu (30/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Segar)

Jokowi menilai refleksi hasil pemilu AS kali ini bisa menjadi titik balik besar untuk demokrasi.

Dia juga mengungkapkan harapannya ke depan terkait kerja sama antara Amerika Serikat dan Indonesia.

"Semoga bersama Anda kita bisa memperkuat hubungan strategis Indonesia-Amerika Serikat dan mendorong kooperasi di bidang ekonomi, demokrasi dan multikulturalisme bagi rakyat kita dan lainnya," ujar Jokowi.

Sejak 24 jam terunggah di Instagram, foto dan caption Jokowi tercatat telah mendapat respons cukup banyak dari warganet. Tercatat, unggahan tersebut disukai oleh lebih dari 1,2 juta akun dan lebih dari 12,5 ribu komentar.

Baca Juga: Jadi Presiden AS, Intip 11 Foto Joe Biden yang Berkharisma Sejak Muda

2. Joe Biden banjir ucapan dari para petinggi negara lain

Jokowi Beri Ucapan Selamat untuk Kemenangan Joe Biden-Kamala HarrisCalon presiden Amerika Serikat dari Demokrat Joe Biden menarik turun masker pelindungnya saat ia berbicara dalam acara kampanye di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, Minggu (1/11/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

Terpilihnya Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat ke-46 pada pilpres kali ini mendapatkan sorotan dunia. Biden diketahui telah menerima ucapan selamat dari sejumlah kepala negara lain.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan rekannya yang merupakan mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama merupakan deretan petinggi negara yang sudah mengucapkan selamat untuk Biden.

"Selamat kepada Joe Biden atas terpilihnya sebagai Presiden Amerika Serikat dan kepada Kamala Harris atas pencapaian bersejarahnya," ujar Boris lewat akun Twitternya BorisJohnson, Minggu (8/11/2020) waktu Indonesia.

"Amerika Serikat adalah sekutu terpenting kita dan saya berharap dapat bekerja sama secara erat dalam prioritas bersama kita, dari perubahan iklim hingga perdagangan dan keamanan," ujar dia.

3. Menangkan Pilpres Amerika Serikat, Biden-Harris catat sejarah

Jokowi Beri Ucapan Selamat untuk Kemenangan Joe Biden-Kamala HarrisBiden dan Kamala Harris bersama dengan pasangannya masing-masing di di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat, Rabu (19/8/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

Biden-Harris dinyatakan memenangkan pilpres Amerika Serikat setelah memenuhi batas minimal 270 suara elektoral untuk memenangkan Gedung Putih pada Sabtu (7/11/2020) waktu setempat.

Plus 20 suara elektoral Pennsylvania, Biden sekarang memiliki total 273 suara elektoral, unggul cukup jauh dengan Donald Trump yang cuma meraup 213 suara.

Pasangan Joe Biden-Kamala Harris juga mencatatkan sejarah anyar di Amerika Serikat. Kamala menjadi wanita pertama dan wanita berkulit berwarna pertama yang jadi wakil presiden.

Melansir The New York Times, kemenangan Biden-Harris mencetak rekor modern dengan jumlah pemilih yang banyak meski berlangsung di tengah pandemik COVID-19.

Baca Juga: Belum Terima Hasil Pemilu, Trump Anggap Joe Biden Kolusi dengan Media 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya