Ini 5 Perbedaan Debat Pilpres Perdana dengan Debat Kedua Nanti

Di debat kedua hanya diikuti kandidat capres

Jakarta, IDN Times - Putaran debat kedua calon presiden dan calon wakil presiden sudah di depan mata. Debat kedua ini rencananya digelar di Hotel Sultan pada Minggu(17/2). 

Debat putaran kedua ini terdapat beberapa perbedaan dengan debat perdana pada Januari lalu. Mulai dari perbedaan terkait kisi-kisi hingga perbedaan moderator yang akan membawakan debat menjadi perbedaan paling jelas. Dalam debat kali ini, pesertanya hanya calon presiden. Calon wakil presiden tidak akan ikut. 

Yuk, mari kita "bedah" apa saja perbedaannya: 

1. Masing-masing peserta debat tidak diberikan kisi-kisi

Ini 5 Perbedaan Debat Pilpres Perdana dengan Debat Kedua NantiCara Meningkatkan Semangat Belajar

Pada debat perdana yang diadakan pada (17/1) lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan bocoran terlebih dahulu terkait pertanyaan yang akan muncul dalam debat. Bocoran tersebut lantas disebut publik sebagai kisi-kisi.

Pada debat kedua pada hari Minggu (17/2), KPU memutuskan untuk tidak lagi memberikan kisi-kisi kepada peserta debat. Sehingga peserta debat nantinya diharapkan dapat memberikan jawaban yang lebih spontan.

2. Lokasi debat juga berubah

Ini 5 Perbedaan Debat Pilpres Perdana dengan Debat Kedua NantiANTARA FOTO/Setneg-Agus Suparto

Hotel Bidakara, Jakarta Selatan menjadi tempat dilaksanakannya debat capres-cawapres perdana. Sejak awal, KPU memang sudah menyatakan lokasi debat capres tidak hanya digelar di hotel itu. 

Pada debat putara kedua mendatang, KPU memilih Hotel Sultan, Jakarta Pusat sebagai lokasi debat bagi kandidat calon presiden diadakan.

3. Debat kedua akan dimoderatori oleh Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki

Ini 5 Perbedaan Debat Pilpres Perdana dengan Debat Kedua NantiInstagram/@tomtjok @anishadasuki

Pada debat perdana bulan lalu, jurnalis senior dan presenter program Liputan 6, Ira Koesno dan jurnalis TVRI, Imam Priyono yang diberi kepercayaan untuk berperan sebagai moderator. Namun, di debat kedua, KPU memilih moderator yang baru. 

Setelah melalui perdebatan yang alot, akhirnya kedua kubu memilih Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki sebagai moderator di debat kedua. Keduanya merupakan pembawa acara berita pada salah satu stasiun televisi di MNC grup.

4. Debat hanya diikuti oleh calon Presiden

Ini 5 Perbedaan Debat Pilpres Perdana dengan Debat Kedua NantiIDN Times/Istimewa

Pada debat kedua mendatang hanya diikuti oleh calon presiden saja. Ini merupakan momen emas capres nomor urut 01, Jokowi berhadapan langsung dengan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto. 

Setelah debat antar capres, juga ada debat antar cawapres. 

Baca Juga: Ini 8 Panelis dalam Debat Capres Kedua yang Disiapkan KPU

5. Tema debat yang ditentukan soal energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup

Ini 5 Perbedaan Debat Pilpres Perdana dengan Debat Kedua NantiANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Pada debat perdana, empat topik diangkat menjadi tema debat. Tema tersebut adalah Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Korupsi, dan Terorisme.

Sementra, di debat putaran kedua yang diangkat ada lima tema yakni Energi dan Pangan, Sumber Daya Alam (SDA) dan Lingkungan Hidup, serta Infrastruktur.

Baca Juga: Debat Kedua, Capres Jokowi vs Prabowo Harus Tampil Lebih Bermutu

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya