Comscore Tracker

Ini 5 Menteri Jokowi yang Pernah Berurusan dengan KPK

Terbaru Menteri KKP Edhy Prabowo

Jakarta, IDN Times - Lima menteri yang membantu Presiden Joko "Jokowi" Widodo pernah berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bahkan, pada periode sebelumnya empat menteri Jokowi sudah berurusan dengan KPK dan dua diantaranya ditetapkan sebagai tersangka.

Terbaru, Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, ditangkap penyidik KPK pada Rabu (25/11/2020) dini hari. Edhy merupakan menteri ke lima dalam kabinet presiden Joko "Jokowi" Widodo yang berurusan dengan KPK.

Tetapi, Edhy menjadi menteri pertama dari kabinet Indonesia Maju Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin yang berurusan dengan KPK.

1. Imam Nahrawi jadi tersangka kasus dana hibah KONI

Ini 5 Menteri Jokowi yang Pernah Berurusan dengan KPKIDN Times/Margith Julia Damanik

Masih segar dalam ingatan bagaimana publik dikejutkan dengan penetapan tersangka mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Menpora Jokowi di periode pertama ini menerima suap kasus dugaan korupsi bantuan proposal Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Imam menerima suap senilai Rp26,5 miliar. Uang tersebut diterima Imam melalui asisten pribadinya, Miftahul Ulum dan staf protokoler Kemenpora RI Arief Susanto, yang diterima secara bertahap.

Uang tersebut menjadi fee setelah ia mengabulkan pemberian dana melalui proposal yang diajukan KONI. Awalnya, KONI mengajukan proposal bantuan dana hibah dalam rangka pelaksanaan tugas pengawasan dan pendampingan program peningkatan prestasi olahraga nasional pada Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018.

Baca Juga: [BREAKING] Eks Menpora Imam Nahrawi Divonis 7 Tahun Bui

2. Idrus Marham tersangka kasus korupsi proyek pembangunan PLTU Riau-1

Ini 5 Menteri Jokowi yang Pernah Berurusan dengan KPK(Mantan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham) IDN Times/Santi Dewi

Nama lain di periode pertama Jokowi yang tersandung kasus korupsi adalah Menteri Sosial Idrus Marham. Kasus ini membuat Idrus mengundurkan diri dari jabatannya pada 24 Agustus 2018.

Idrus terlibat dalam kasus suap proyek pembangunan PLTU Riau-1. Ia menerima Rp500 juta. Uang tersebut disebut-sebut bagian dari commitment fee 2,5 persen dari nilai proyek kontrak kerja sama proyek pembangunan PLTU Riau-1.

3. Enggartiasto Lukita jadi saksi kasus suap anggota DPR Bowo Sidik

Ini 5 Menteri Jokowi yang Pernah Berurusan dengan KPKIDN Times/ Helmi Shemi

Menteri lain yang pernah berurusan dengan KPK adalah Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Ia menjadi saksi kasus dugaan suap dan gratifikasi Anggota DPR Bowo Sidik Pangarso.

Tercatat tiga kali Enggar absen dari panggilan KPK. Terkait dugaan gratifikasi ini, KPK juga pernah menggeledah ruang kerja Menteri Perdagangan dan menyita sejumlah dokumen, termasuk dokumen terkait Permendag tentang gula rafinasi.

4. Lukman Hakim disebut terima uang Rp70 juta

Ini 5 Menteri Jokowi yang Pernah Berurusan dengan KPK

Lukman Hakim Saifuddin juga pernah menyambangi kantor KPK pada Mei 2019 lalu. Kala itu, Lukman menjabat sebagai Menteri Agama di periode pertama pemerintahan Jokowi.

KPK menyebutkan Lukman dibutuhkan keterangannya terkait kasus dugaan jual beli jabatan di Kementerian Agama. Lukman sempat mengakui menerima uang Rp10 juta dari tersangka Haris Hasanuddin.

5. Edhy Prabowo ditangkap KPK

Ini 5 Menteri Jokowi yang Pernah Berurusan dengan KPKKKP bagikan 10,5 ton ikan (Dok. KKP)

Pengangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo terjadi di Bandara Soekarno Hatta pada Rabu (25/11/2020) dini hari. Belum ada informasi resmi kasus apa yang menjerat Edhy Prabowo.

"Banyak (yang ditangkap), ada beberapa. Baik keluarga dan juga orang di KKP," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada IDN Times, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga: [BREAKING] KPK Tangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya