Polisi Temukan Senjata Api Beramunisi Saat Geledah Mobil Laskar FPI

Ada 53 adegan dalam rekonstruksi bentrokan polisi vs FPI

Karawang, IDN Times - Sedikitnya ada 53 adegan dalam rekonstruksi bentrokan antara polisi dengan anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) yang digelar di jalan Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Senin (14/12/2020) dini hari. Adegan-adegan itu direka ulang di empat titik lokasi kejadian.

Dalam salah satu reka adegan, polisi menemukan sejumlah senjata tajam dan satu pucuk senjata api saat penggeledahan anggota laskar FPI di rest area Kilometer 50, Tol Jakarta-Cikampek. 

Rekonstruksi di rest area itu adalah titik ketiga dalam rangkaian rekonstruksi kejadian bentrokan yang menewaskan enam anggota laskar FPI di jalan Tol Jakarta-Cikampek oleh Bareskrim Polri.

1. Polisi menggeledah mobil anggota laskar FPI dan menemukan sebuah senjata api beserta 10 amunisi

Polisi Temukan Senjata Api Beramunisi Saat Geledah Mobil Laskar FPIRekonstruksi bentrok anggota laskar FPI dengan polisi di Tol Cikampek, Karawang, Senin (14/12/2020). (IDN Times/Mahendra)

Di rest area kilometer 50 jalan Tol Jakarta-Cikampek tersebut, empat anggota laskar FPI pengawal rombongan Pemimpin FPI Rizieq Shihab tak berkutik dan menuruti perintah polisi untuk keluar dari dalam mobil.

Saat keluar mobil, empat anggota laskar FPI tengkurap sambil digeledah polisi. Dua orang lainnya tetap berada di dalam mobil dalam kondisinya sudah meninggal dunia, setelah baku tembak pada rekonstruksi di titik kejadian pertama dan kedua.

Polisi juga menggeledah mobil yang digunakan anggota laskar FPI. Di situlah ditemukan satu buah senjata api beserta 10 amunisi, satu buah ketapel beserta 10 kelereng, satu tongkat berujung runcing, serta beberapa senjata tajam jenis celurit dan pedang.

Di rest area itu juga, polisi membawa dua anggota laskar FPI yang meninggal dunia, serta empat anggota laskar FPI untuk pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

Tidak terjadi baku tembak di rest area. Anggota laskar FPI justru tak berkutik setelah sejumlah senjatanya dilucuti.

Baca Juga: Komnas HAM: Puzzle Peristiwa Tewasnya 6 Laskar FPI Semakin Terang

2. Anggota laskar FPI berusaha merebut senjata milik polisi

Polisi Temukan Senjata Api Beramunisi Saat Geledah Mobil Laskar FPIRekonstruksi bentrok anggota laskar FPI dengan polisi di Tol Cikampek, Karawang, Senin (14/12/2020). (IDN Times/Mahendra)

Dalam reka ulang selanjutnya, diperlihatkan bahwa empat anggota laskar FPI berusaha menyerang polisi saat akan dibawa polisi ke Mapolda Metro Jaya. Di dalam mobil polisi, anggota laskar FPI yang kondisinya tidak diborgol berusaha merebut senjata milik polisi.

Itu terjadi di rekonstruksi titik keempat, sekitar 1 kilometer dari rest area.

Di lokasi kejadian keempat tersebut, polisi terpaksa menembak anggota laskar FPI hingga meninggal dunia. Itu dilakukan karena mereka berusaha menyerang polisi hingga merebut senjata dari tangan polisi.

3. Polri sebut rekonstruksi berdasarkan berita acara pemeriksaan

Polisi Temukan Senjata Api Beramunisi Saat Geledah Mobil Laskar FPIKepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono (Dok. Humas Polri)

Ditemui di lokasi rekonstruksi, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono menjelaskan, dilihat dari adegan-adegan yang disajikan dalam rekonstruksi itu, terlihat jelas sejak di titik lokasi kejadian pertama, polisi sudah dihadapkan penyerangan oleh kelompok laskar FPI itu.

Karena mendapat serangan di titik lokasi kejadian pertama, maka polisi langsung melakukan pengejaran hingga terjadi baku tembak sesuai dengan adegan di titik lokasi kejadian kedua.

"Rekonstruksi ini adalah hasil dari berita acara pemeriksaan, petunjuk dan olah tempat kejadian perkara," kata Argo di lokasi rekonstruksi Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 51, Senin (14/12/2020) dini hari.

Argo menyebutkan, rekonstruksi yang berlangsung sejak pukul 00.35 hingga 4.30 itu berlangsung dengan aman dan lancar, dengan disaksikan perwakilan dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Sementara itu, Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto menyampaikan, dirinya meyakini enam anggota laskar FPI pengawal Pemimpin FPI Rizieq Shihab itu melakukan penyerangan terhadap polisi sejak peristiwa tersebut terjadi.

"Saya saksikan dari awal sampai akhir, saya saksikan sendiri terjadi penyerangan. Yang aktif menyerang dari kelompok itu dari awal," ujarnya.

Baca Juga: [FOTO] Rekonstruksi Kasus Bentrok  Anggota Laskar FPI dengan Polisi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya