[BREAKING] Polisi Rekonstruksi 53 Adegan Bentrok Laskar FPI dan Polisi

Polisi temukan sepucuk senjata api diduga milik laskar FPI

Karawang, IDN Times - Bareskrim Polri menyajikan 53 adegan dalam rekonstruksi bentrokan antara polisi dengan anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) di jalan Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Senin (14/12/2020) dini hari. Adegan-adegan itu direka di empat titik lokasi kejadian.

"Rekonstruksi ini adalah hasil dari berita acara pemeriksaan, petunjuk dan olah tempat kejadian perkara," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono, di lokasi rekonstruksi  Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 51, Senin.

Argo menyebutkan, rekonstruksi di lokasi kejadian pertama terdapat sembilan adegan. Titik lokasi kejadian pertama ini berada di jalan Interchange Karawang Barat, dekat Bundaran Badami.

Kemudian, titik lokasi kejadian kedua berada di jembatan Badami, disajikan empat adegan. Selanjutnya di titik lokasi kejadian ketiga, yakni di rest area Kilometer 50 Tol Jakarta-Cikampek sebanyak 31 adegan.

Sedangkan di titik lokasi keempat, tepatnya sekitar 1 kilometer dari rest area Km 50 terdapat sembilan adegan.

Argo menjelaskan, dilihat dari adegan-adegan yang disajikan dalam rekonstruksi itu, terlihat jelas sejak di titik lokasi kejadian pertama, polisi sudah dihadapkan penyerangan oleh kelompok laskar FPI itu.

Karena mendapat serangan di titik lokasi kejadian pertama, maka polisi langsung melakukan pengejaran hingga terjadi baku tembak sesuai dengan adegan di titik lokasi kejadian kedua.

Petugas berhasil mengejar enam pelaku yang berada di dalam satu mobil, hingga akhirnya dibekuk di rest area Kilometer 50 Tol Jakarta-Cikampek. Itu sesuai dengan rekonstruksi di titik lokasi kejadian ketiga.

Dua anggota laskar FPI diketahui meninggal dunia setelah baku tembak sebelumnya di jalan Interchange Karawang Barat.

Sedangkan empat orang lainnya ditembak saat melawan polisi dengan merebut senjata milik polisi. Padahal dari rest area, keempat anggota laskar FPI akan dibawa ke Mapolda Metro Jaya, untuk menjalani pemeriksaan.

Tapi seperti yang tersaji dalam rekonstruksi di titik keempat, justru keempat anggota FPI melawan polisi. Sehingga mereka ditembak polisi dari jarak yang cukup dekat. Saat itu perlawanan pelaku terjadi di dalam mobil polisi yang akan membawa mereka ke Mapolda Metro Jaya.

Argo menyebutkan, rekonstruksi yang berlangsung sejak pukul 00.35 hingga 4.30 itu berlangsung dengan aman dan lancar, dengan disaksikan perwakilan dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Sementara itu, Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto menyampaikan, dirinya meyakini enam anggota laskar FPI pengawal Pemimpin FPI Rizieq Shihab itu melakukan penyerangan terhadap polisi sejak peristiwa tersebut terjadi.

"Saya saksikan dari awal sampai akhir, saya saksikan sendiri terjadi penyerangan. Yang aktif menyerang dari kelompok itu dari awal," ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Rekonstruksi, Anggota Laskar FPI Hadang Polisi dan Menabrak

Topik:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya