Ini 6 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Piala Presiden Esports 2020

Akan kembali digelar 2020 mendatang!

Jakarta, IDN Times - Pemerintah menegaskan komitmennya untuk mengembangkan esports di Indonesia agar memberikan dampak positif secara ekonomi maupun prestasi atlet-atletnya. Untuk itu, Piala Presiden Esports yang telah diadakan sebelumnya pada 2019, rencananya akan kembali digelar pada 2020 mendatang. Hal ini karena esports mengalami pertumbuhan yang signifikan di Indonesia dan makin tak terbendung. Namun, untuk kalian yang akan mengikutinya perlu mengetahui beberapa hal berikut ini.

1. Piala Presiden Esports merupakan sebuah program agar Indonesia menjadi mercusuar esports

Ini 6 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Piala Presiden Esports 2020kumparan.com

Pada dasarnya, Indonesia tergolong terlambat dibandingkan negera-negara lain. Sebab, untuk event dan turnamen esports Indonesia baru mulai tujuh tahun belakangan saja. Sementara negara-negara lain sudah dari 15 tahun yang lalu. Untuk itu, setidaknya, Indonesia bisa menjadi mercusuar esports bagi mereka yang berbakat dan menyenanginya di berbagai provinsi dan daerah yang ada.

2. Piala Presiden Esports 2020 didukung oleh beberapa kementerian dan lembaga pemerintahan

Ini 6 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Piala Presiden Esports 2020IDNTimes/M. Tarmizi Murdianto

Dalam penyelenggaraan Piala Presiden Esports tahun 2020 mendatang, terdapat beberapa kementerian yang turut ambil peran untuk memastikan satu-satunya event esports terbesar ini dapat berjalan dengan lancar. Adapun kementerian yang tergabung di antaranya, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak. Selain itu, terdapat juga lembaga-lembaga pemerintah yang mendukung, seperti Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), dan Kantor Staf Presiden.

3. Piala Presiden Esports 2020 akan mulai kick off pada 13 Oktober 2019

Ini 6 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Piala Presiden Esports 2020gamebrott.com

Giring Ganesha, Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden Esports 2020, mengemukakan jika dirinya sudah berdiskusi dengan Gatot Dewa Broto, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, mengenai Piala Presiden Esports 2020. Dalam diskusinya tersebut, dirinya dan Gatot sepakat untuk memulai kick off dari kompetisi Piala Presiden Esports 2020 sejak 13 Oktober 2019.

4. Terdapat 3 games yang akan dikompetisikan

Ini 6 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Piala Presiden Esports 2020dailyspin.id

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Piala Presiden Esports 2020 menyajikan 3 games yang akan dikompetisikan. Berikut ini 3 games yang akan dipertandingkan nantinya; Free Fire, eFootball PES 2020, dan games dengan developer lokal atau games asal Indonesia yang masih menjadi misteri.

5. Final akan berlangsung pada Februari 2020

Ini 6 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Piala Presiden Esports 2020ggwp.id

Kick off yang rencananya akan dimulai pada 13 Oktober 2019 tentunya menjadikan rangkaian kualifikasi pada Piala Presiden Esports 2020 menjadi semakin dekat. Oleh karena itu, Giring Ganesha mengatakan jika nantinya Final Piala Presiden Esports 2020 akan diselenggarakan pada Februari 2020 mendatang.

6. Piala Presiden Esports 2020 menjadi faktor dibentuknya regulasi mengenai esports

Ini 6 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Piala Presiden Esports 2020Piala Presiden Esports 2020

Gatot Dewa Broto, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, menegaskan jika pemerintah mulai menyusun regulasi-regulasi untuk mendukung perkembangan esports, termasuk sosialisasi dan dukungan pelaksanaan berbagai event atau turnamen esports. Hal ini karena menurutnya Indonesia sudah sangat tertinggal perihal esports.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui jika kamu ingin mengikuti Piala Presiden Esports 2020. Jadi, persiapkan dirimu mulai dari sekarang ya, guys!

Baca Juga: Piala Presiden Esports Kembali Digelar 2020 Mendatang, Ini 4 Alasannya

Topik:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya