Sepanjang 1.937,53 Kilometer Jalan Raya di Kabupaten Karawang Rusak

Pemkab Karawang sediakan ratusan miliaran untuk perbaikan

Karawang, IDN Times - Kondisi jalan raya di wilayah Kabupaten Karawang masih dalam kondisi rusak. Berdasarkan data dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang, sepanjang 1.937,53 kilometer jalan yang statusnya jalan kabupaten dalam kondisi rusak.

Dinas PUPR Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyediakan anggaran ratusan miliar untuk penanganan infrastruktur jalan tersebut. Anggaran itu sudah masuk dalam APBD Karawang 2019.

Setiap tahun Dinas PUPR mengakui telah melakukan perbaikan jalan rusak yang tersebar di 30 kecamatan di Karawang, karena cukup panjang jalan di Karawang yang mengalami kerusakan.

1. Sepanjang 196,30 kilometer jalan di Karawang rusak parah

Sepanjang 1.937,53 Kilometer Jalan Raya di Kabupaten Karawang RusakIDN Times/Mahendra

Ratusan kilometer jalan di berbagai daerah sekitar Karawang, masih mengalami kerusakan dan perlu perbaikan. Tingkat kerusakannya bermacam-macam, ada yang rusak parah dan ada yang rusak ringan.

Kepala Dinas PUPR Karawang Acep Jamhuri mengatakan, jalan raya yang statusnya jalan kabupaten total panjangnya mencapai 1.937,53 kilometer.

Dari total panjang jalan itu, sepanjang 196,30 kilometer kondisinya buruk atau rusak parah dan 970,69 kilometer jalan kondisinya sedang atau rusak ringan.

"Jadi jalan kabupaten yang kondisinya baik sepanjang 770,54 kilometer," kata dia.

2. Anggaran perbaikan jalan capai ratusan miliar

Sepanjang 1.937,53 Kilometer Jalan Raya di Kabupaten Karawang RusakMahendra

Cukup panjangnya jalan yang rusak di wilayah Karawang membutuhkan anggaran perbaikan yang tidak sedikit. Acep mengaku kalau setiap tahun selalu dialokasikan anggaran untuk rehabilitasi dan pemeliharaan jalan.

Pada tahun ini, anggaran perbaikan jalan mencapai Rp110 miliar seperti yang tercantum dalam APBD Karawang 2019. Dengan anggaran itu pihaknya siap memperbaiki jalan yang mengalami kerusakan.

"Setiap tahun selau ada perbaikan jalan," ujarnya.

Pada 2018, anggaran rehabilitasi dan pemeliharaan jalan kabupaten di dinas itu sekitar Rp28 miliar. Selain itu, pada 2018 juga ada anggaran peningkatan jalan kabupaten sekitar Rp120 miliar.

Sepanjang 1.937,53 Kilometer Jalan Raya di Kabupaten Karawang RusakDok.IDN Times/Istimewa

3. Kerusakan jalan jadi sorotan masyarakat

Persoalan jalan yang rusak di wilayah Karawang sering menjadi sorotan masyarakat. Biasanya masyarakat sering menyampaikan keluhan jalan rusak itu melalui akun media sosial-nya.

Seorang tokoh masyarakat Karawang, Yusuf Nurwenda menyampaikan agar Dinas PUPR Karawang lebih serius lagi menangani persoalan jalan rusak. Sebab, jalan itu langsung dirasakan oleh masyarakat.

Ia juga mendesak agar pemkab memperhatikan kualitas perbaikan jalan yang ada di Karawang. Sebab, jalan di wilayah Karawang seringkali mengalami kerusakan, padahal belum setahun diperbaiki.

"Kasus jalan yang cepat rusak ini harus diperhatikan. Jangan dibiarkan. Karena ini merugikan masyarakat," ujarnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You