Usai Diobservasi, WNI Dari Natuna akan Dijadikan Duta Kesehatan

Mereka tak terbukti terjangkit virus corona

Jakarta, IDN Times - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan memulangkan 238 WNI ke daerahnya masing-masing setelah melalui masa observasi selama 14 hari di Natuna. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan bahwa WNI yang lolos observasi akan dijadikan duta kesehatan di daerahnya masing-masing.

"Mereka ini sekarang menjadi duta-duta kesehatan, untuk sekalian juga memberi tahu masyarakat bahwa mereka itu sehat," kata Terawan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Sabtu (15/2). 

Lalu, apakah ini berarti masyarakat aman berinteraksi dengan mereka?

1. Ratusan WNI dari Natuna bebas beraktivitas di lingkungan masyarakat

Usai Diobservasi, WNI Dari Natuna akan Dijadikan Duta KesehatanMenkes Terawan saat tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (15/2) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Di hadapan media, Menkes Terawan mengatakan kepada publik agar mereka tak perlu takut berinteraksi dengan ratusan WNI yang sudah melewati proses observasi selama dua pekan di Natuna. Aman bagi warga untuk berinteraksi dengan mereka.

"Jadi silakan saja kalau mereka mau berkerumun, mau lihat (pagelaran) Java Jazz juga boleh," kata dia.

Baca Juga: 2 Pekan Diobservasi di Natuna, WNI: Happy dan Berat Badan Malah Naik

2. Setiap WNI yang telah diobservasi selama dua pekan diberikan sertifikat kesehatan

Usai Diobservasi, WNI Dari Natuna akan Dijadikan Duta KesehatanMenkes Terawan saat tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (15/2) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Untuk membuktikan bahwa ratusan WNI bebas corona, maka Kemenkes turut mengeluarkan sertifikat bagi mereka. Setelah itu, mereka dipercaya menjadi duta kesehatan dan menjelaskan ke publik bahwa mereka sehat serta tak terjangkit virus corona. Sebab, selama masa inkubasi, tidak menunjukkan gejala terkena virus tersebut. 

"Kami lengkapi sertifikat sehat usai observasi," ujar Terawan. 

3. Ratusan WNI meninggalkan Natuna dalam tiga kloter pesawat

Usai Diobservasi, WNI Dari Natuna akan Dijadikan Duta KesehatanWNI yang dipulangkan dari Natuna dan langsung melakukan perjalanan ke daerah masing-masing (IDN Times/Lia Hutasoit)

Ratusan WNI tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Sabtu sore.Total ada 286 WNI yang diterbangkan dari Nantuna, mereka terdiri dari 243 WNI dari Wuhan dan 43 kru TNI angkatan Udara dan Batik Air.

Keberangkatan mereka terbagi dalam tiga pesawat TNI Angkatan Udara; pertama Boeing, tiba pukul 15.20 WIB dan mengangkut 100 penumpang. Kemudian pesawat kedua,  Hercules, tiba pukul 15.55 WIB serta membawa 90 WNI dari Natuna. Kemudian penerbangan terakhir pukul 16.00 WIB dan mengangkut 96 orang.

https://www.youtube.com/embed/AlKeZdst_jw

Baca Juga: Selain Uang Saku, BNPB Juga Berikan Tiket Pesawat ke WNI dari Natuna

Topik:

Berita Terkini Lainnya