Presiden Erdogan Sebut Wali Kota Risma Inspirasi Perempuan Turki

Risma berpidato di depan ribuan perempuan dari 20 negara

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menghadiri Forum Internasional Perempuan di Pemerintahan Daerah atau International Forum of Women in Local Government edisi ke-6 di Ankara, Turki pada 11 dan 12 Desember 2019. Risma hadir sebagai narasumber dan tamu kehormatan.

"Perempuan-perempuan inspiratif seperti Risma dari Surabaya, Indonesia, menambah keyakinan kita bahwa perempuan harus dilibatkan dan diajak bicara dalam proses pembangunan," kata Presiden Recep Tayyip Erdogan dalam pidato sambutannya, dilansir dari Antara, Jumat (13/12).

Risma diundang sebagai tamu kehormatan karena dipandang berhasil sebagai wali kota dan memberi inspirasi pada banyak perempuan, termasuk di Turki. Erdogan memuji Risma sebagai salah satu perempuan inspiratif.

1. Risma berpidato soal bagaimana perempuan memimpin dengan hati

Presiden Erdogan Sebut Wali Kota Risma Inspirasi Perempuan TurkiWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat terlambat datang di acara penyerahan DIPA, Jumat (22/11). IDN Times/Fitria Madia

Di depan Presiden Endorgan, Risma membacakan pidatonya tentang bagaimana perempuan dapat memimpin dengan hati dan kepedulian. Pidato sepanjang kurang lebih 15 menit tersebut dibacakan di depan sekitar tiga ribu perempuan dari 20 negara yang hadir di sana.

"Naluri kita (perempuan) yang kuat untuk menolong orang lain, memperhatikan hal-hal detail, dan untuk lebih banyak mendengar membuat kita mampu memimpin dengan hati, membuat kita mengambil keputusan yang berbasis kebutuhan nyata rakyat dan membuat keputusan yang tepat saat dibutuhkan," kata Risma.

Baca Juga: Hari Disabilitas, Risma Minta Warga Dukung Bakat Mereka

2. Risma juga tandatangani kerja sama dengan Turki

Presiden Erdogan Sebut Wali Kota Risma Inspirasi Perempuan TurkiIbu Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, saat membuka acara. IDN Times/Naufal Al Rahman

Pada kesempatan yang sama, Risma juga menandatangani kerja sama sister city antara Kota Surabaya dengan Kota Gaziantep. Kota ini merupakan salah satu kota industri utama di Turki yang dipimpin wali kota perempuan.

"Para pemimpin politik di Turki meminta bantuan saya menghadirkan Bu Risma. Sebuah kebanggaan jika perempuan Indonesia bisa menjadi inspirasi dan model bagi kaum perempuan di negara lain," kata Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Sayap Perempuan, Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP) yakni partai politik yang didirikan dan dipimpin oleh Presiden Erdogan hingga saat ini.

3. Kegiatan ini dilakukan untuk dorong peran perempuan di sektor politik

Presiden Erdogan Sebut Wali Kota Risma Inspirasi Perempuan TurkiANTARA FOTO/REUTERS/Umit Bektas

Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya menjadikan peran perempuan sebagai arus utama di berbagai sektor, salah satunya politik. Di Turki, ada 130 anggota perempuan dari 600 parlemen saat ini. Dari 1.389 wali kota, hanya sekitar 3 persen wali kota perempuan.

Selama Presiden Erdogan memimpin, telah terjadi peningkatan yang signifikan tentang jumlah perempuan aktif di ranah publik, meski jumlahnya masih masih jauh dari harapan.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Risma: Sejak Diambil Alih Pemprov, Banyak Siswa SMA/SMK Putus Sekolah

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya