Comscore Tracker

IMS 2020: Berjiwa Sosial, Ini Kiprah Iman Usman Co-Founder RuangGuru

Iman adalah sosok yang berprestasi

Jakarta, IDN Times – Sosok Muhammad Iman Usman menjadi salah satu millennial di Tanah Air yang ikut peduli terhadap pendidikan. Pria kelahiran Padang, 21 Desember 1991 (28 tahun) ini membuktikan dengan membangun platform online RuangGuru.

Ia salah seorang founder startup pendidikan (edutech) RuangGuru. Bersama rekannya yakni Adamas Belva Devera, Chief of Product RuangGuru, Iman Usman berkomitmen ingin memajukan pendidikan di Indonesia.

Siapakah Iman Usman dan bagaimana kiprahnya memajukan pendidikan Indonesia? 

1. Memiliki jiwa sosial yang besar sejak kecil

IMS 2020: Berjiwa Sosial, Ini Kiprah Iman Usman Co-Founder RuangGuruIman Usman, Iqbal Ramadhan , Belva Devara (Instagram/belvadevara)

Pria asal padang ini merupakan sosok yang memiliki jiwa sosial sedari kecil. Di usia 10 tahun, Iman kecil telah membuka perpustakaan gratis bagi anak-anak tidak mampu dengan bermodal rak buku di teras rumahnya.

Saat memasuki jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas, Iman aktif dalam organisasi Forum Anak Daerah Sumatera Barat dan mengampanyekan hak-hak anak. Setelah itu dia membuka Komunitas Anak Kritis Indonesia dengan mendorong pencapaian Millennium Development Goals (Tujuan Pembangunan Global).

2. Penghargaan saat di bangku SMA

IMS 2020: Berjiwa Sosial, Ini Kiprah Iman Usman Co-Founder RuangGuruInstagram.com/imanusman

Iman juga tak jarang menerima penghargaan. Saat duduk di bangku SMA ia menerima penghargaan Pemimpin Muda Indonesia 2008 dari Presiden RI dan United Nations Youth Assembly Recognition on Humanitarian Development 2011 di New York.

Selain itu dia juga pernah menerima penghargaan dari Mondialogo Junior Ambassardor for Interculural Dialogue daru DAIMLER dan UNESCO. Saat lulus SMA, Iman juga menjadi peraih nilai Ujian Nasional tertinggi jurusan IPS se-kota Padang serta meraih penghargaan Siswa Berprestasi Utama Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2008.

3. Kuliah di luar negeri dengan mulus dan borong penghargaan untuk Ruangguru

IMS 2020: Berjiwa Sosial, Ini Kiprah Iman Usman Co-Founder RuangGuruinstagram.com/belvadevara

Iman melanjutkan jenjang pendidikan ke FISIP Universitas Indonesia jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Setelah itu dia melanjutkan studi ke Amerika, yakni Colombia University, dengan beasiswa penuh. Ia menamatkan studi pascasarjana hanya dalam waktu 1 tahun dan lulus dengan IPK 3.90.

Dengan inovasinya menciptakan Ruangguru, Iman mendapat sejumlah penghargaan seperti UNICEF Young Innovator to Watch 2015, Forbes 30 Under 30 Asia 2016 untuk kategori Consumer Technology, dan MIT Solver 2017 dari Massachussets Institute of Technology.

4. Rilis buku yang ceritakan kisah hidupnya dari kecil hingga kini

IMS 2020: Berjiwa Sosial, Ini Kiprah Iman Usman Co-Founder RuangGuruInstagram.com/imanusman

Pemerintah juga memberi Iman kepercayaan untuk duduk di Komisi Panel Pemuda pada Education Commission 2016 bersama dengan penerimaan Nobel Perdamaian Malala Yousafzai.

Tahun 2019 lalu, Iman merilis buku berjudul “Masih Belajar”. Buku tersebut berisi tentang perjalanan hidup seorang Iman Usman dari kecil hingga saat ini.

5. Akan jadi pembicara di Indonesia Millennial Summit 2020

IMS 2020: Berjiwa Sosial, Ini Kiprah Iman Usman Co-Founder RuangGuruIMS 2019 (IDN Times/Ashari Arief)

Iman Usman akan hadir dan menjadi pembicara pada acara Indonesia Millennial Summit 2020 by IDN Times. Acara dengan tema Shaping Indonesia's Future ini berlangsung di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta, pada 17-18 Januari 2020.

IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, mulai dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan, sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini akan dihadiri lebih dari 5.000 pemimpin millennial.

Dalam IMS 2020, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia. Survei yang dilakukan IDN Research Institute bersama Nielsen ini bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di IDN Times.

Baca Juga: IMS 2020: Fahroni Arifin, Sosok Inovatif di Balik Indosat Ooredo

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You