Comscore Tracker

Ada yang Melibatkan Artis, Ini 5 Cerita Cinta Anak dan Cucu Soekarno

Penuh lika-liku, ya!

Berbagai hal tentang Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia, selalu menarik untuk diketahui. Dalam urusan cinta, Soekarno tercatat memiliki 9 orang istri di sepanjang hidupnya. Setelah 50 tahun kepergiannya, kehidupan anak dan cucunya pun tak lepas dari perhatian publik.

Ternyata, beberapa keturunan Sukarno pun memiliki kisah cinta yang gak kalah fenomenal. Berikut di antaranya!

1. Megawati Sukarnoputri

Ada yang Melibatkan Artis, Ini 5 Cerita Cinta Anak dan Cucu Soekarnoinstagram.com/menursoekarno

Kehidupan politik Megawati Sukarnoputri tentu sudah diketahui masyarakat secara luas. Namun, bagaimana dengan kehidupan asmaranya? Cukup berliku, ia menikah tiga kali dan harus kehilangan suaminya dua kali.

Mega menikah pertama kali tahun 1968 saat masih berusia 21 tahun dengan Pilot Letnan Satu (penerbang) Surindro Supjarso. Pernikahan mereka berjalan selama kurang lebih dua tahun, sebelum akhirnya Surindro hilang dan gugur saat menjalankan tugas.

Tahun 1972, Mega kembali menikah dengan pria yang konon pengusaha Mesir, Hassan Gamal A. Hasan. Pernikahan ini dianggap tak sah karena suami pertama Mega masih hilang (dianggap belum meninggal). Akhirnya, pernikahan keduanya hanya bertahan selama tiga bulan.

Kebahagiaan rumah tangga Mega akhirnya baru dirasakan setelah ia menikah dengan Moh. Taufiq Kiemas, rekannya sesama aktivis di Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Pernikahannya berlangsung selama 40 tahun sebelum akhirnya Taufiq meninggal di tahun 2013.

2. Sukmawati Sukarnoputri

Ada yang Melibatkan Artis, Ini 5 Cerita Cinta Anak dan Cucu SoekarnoSukmawati Soekarnoputri ketika hadir di acara FGD bersma Divhumas Polri, Senin (11/11/19). (Youtube/Divhumas Polri)

Sukmawati Sukarnoputri adalah anak keempat Bung Karno. Seperti Mega, Sukmawati juga menikah pertama kali di usia yang cukup muda. Ia dipersunting Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IX dari Keraton Mangkunegaran, Surakarta saat memasuki usia 23 tahun.

Sayangnya, belum sempat mereka menikah, rezim Orde Lama terguling. Bung Karno meninggal sebelum sempat menyaksikan pernikahan Sukmawati dan posisi kepala negara pun jatuh ke tangan Soeharto. 

Tahun 1974, Sukmawati melangsungkan pernikahannya. Tidak seperti pernikahan keluarga bangsawan pada umumnya, pernikahan Sukmawati terbilang sederhana. Tak lama setelah pernikahan, mereka pun dikaruniai dua anak.

Sayangnya, setelah 10 tahun pernikahan, Sukmawati memilih bercerai dan meninggalkan gelarnya sebagai putri mahkota. Setelah bercerai ini, Sukmawati dikabarkan menikah lagi dengan seorang pria bernama Muhammad Hilmy. 

3. Rachmawati Sukarnoputri

Ada yang Melibatkan Artis, Ini 5 Cerita Cinta Anak dan Cucu Soekarnoinstagram.com/anjasmara

Rachmawati Sukarnoputri menikah tiga kali sepanjang masa hidupnya. Seperti dua saudaranya, anak ketiga presiden Sukarno ini menikah di usia muda.

Ia menikah pertama kali saat masih berusia 19 tahun dengan seorang pria bernama Martomo Pariatman Marzuki. Dari suami pertamanya, ia melahirkan seorang putra bernama Hendra Rahtomo atau lebih dikenal dengan nama DJ Romy. Sayangnya, pernikahan pertamanya tak bertahan lama. 

Setelah bercerai dengan Martomo, Rachmawati menikah kembali dengan Dicky Suprapto tahun 1975. Dari pernikahannya ini, ia melahirkan dua putra yang diberi nama Marhaendra Putra dan Mahardhika Putra. Pernikahan kedua ini pun kembali berakhir pada perceraian.

Akhirnya, pada tahun 1995, Rachmawati menikah dengan Benny Sumarno, ayah dari aktor Anjasmara. Pernikahan ketiga Rachmawati ini bertahan hingga 23 tahun, sebelum akhirnya Benny meninggal pada April 2018 lalu.

Baca Juga: Kisah Asmara Presiden Sukarno dan Sembilan Istrinya, Penuh Liku

4. Didi Mahardika

Ada yang Melibatkan Artis, Ini 5 Cerita Cinta Anak dan Cucu Soekarnoinstagram.com/vanessaangelofficial

Didi Mahardika (Mahardhika Putra) adalah anak Rachmawati Sukarnoputri. Pria kelahiran tahun 1981 ini, menikah dengan Ade Waroka tahun 2006.

Pernikahan mereka digelar mewah hingga mengundang Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang kala itu menjadi Presiden Indonesia. Sayangnya pernikahan mereka berujung pada perceraian.

Lepas dari Ade Waroka, Didi kembali menikah dengan aktris bernama Garneta Haruni tahun 2011. Pernikahan ini pun tidak bertahan lama. Tahun 2013, pernikahannya berakhir di gugatan perceraian.

Setelah bercerai dengan Garneta, Didi terlihat dekat dengan aktris Jane Shalimar. Lalu di tahun 2014, ia pun dikabarkan berpacaran dengan Vanessa Angel. Namun, baik dengan Jane dan Vanessa, hubungan tersebut tak bermuara ke pernikahan.

5. Romy Soekarno

Ada yang Melibatkan Artis, Ini 5 Cerita Cinta Anak dan Cucu Soekarnoinstagram.com/romysoekarno

Hendra Rahtomo atau Romy Soekarno adalah saudara tiri dari Didi Mahardika. Kisah cintanya memang tidak sefonemenal ibu dan adik tirinya, namun cukup menarik untuk ditelusuri. Pasalnya, ia menikah dengan aktris kebangsaan Indonesia, Donna Harun.

Meskipun begitu, ia bukanlah suami pertama dari aktris senior ini. Ia menikah dengan Donna tahun 1996 yang telah memiliki seorang putra yakni aktor Ricky Harun. Dari pernikahannya ini, ia pun dikaruniai seorang putra yang diberi nama Muhammad Jihad Rahtomo Sukarnoputra alias Jeje Soekarno.

Rumah tangga Romy dan Donna ini tidak banyak tersorot media. Namun, tahun 2019, tiba-tiba muncul kabar bahwa Donna Harun kembali menikah dengan Ad Hanafiah yang konon merupakan seorang pengusaha terkenal.

Memperingati HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, IDN Times meluncurkan kampanye #MenjagaIndonesia. Kampanye ini didasarkan atas pengalaman unik dan bersejarah bahwa sebagai bangsa, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dalam situasi pandemik COVID-19, di saat mana kita bersama-sama harus membentengi diri dari serangan virus berbahaya. Di saat yang sama, banyak hal yang perlu kita jaga sebagai warga bangsa, agar tujuan proklamasi kemerdekaan RI, bisa dicapai.

Baca Juga: Kisah Cinta Mohammad Hatta, Baru Menikah Setelah Indonesia Merdeka

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya