Comscore Tracker

Viral, Bupati Lumajang Tak Ambil Gaji Selama PPKM Darurat

Gaji bupati akan dibelikan beras untuk warga terdampak

Jakarta, IDN Times - Tayangan video Bupati Lumajang Thoriqul Haq viral di media sosial. Dalam tayangan yang diunggah akun Instagram @infoheboh pada Minggu (18/7/2021), Bupati Lumajang yang didamping Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menyatakan tidak akan mengambil gaji selama penerapan PPKM Darurat.

Gaji tersebut akan langsung disalurkan untuk membantu masyarakat.

"Saya dan ibu wakil bupati, bunda Indah, gajinya tidak kita ambil, semua, nanti kita serahkan kepada forum zakat untuk tambahan beras selama PPKM Darurat ini berlangsung," kata Thoriq dalam video viral.

1. Beragam respons warganet

Video viral tersebut setidaknya sudah ditonton lebih dari 19 ribu kali. Beragam respons warganet pun bermunculan di kolom komentar.

Terdapat warganet yang mengaku akan menunggu bukti nyata dari pernyataan Thoriq. Ada pula yang memujinya.

"Buktikan yo pak di tunggu komen dari warganya," kata akun @daru****.

"Dari rakyat kembalikan lgi ke rakyat...," tulis @effendy_pra*****.

"Panjang umur orang baik," ujar @hermansy*****.

Baca Juga: Bansos Belum Cair, Hidayat Nur Wahid Sindir Risma: Malah Bikin Gaduh

2. Bantuan untuk pekerja harian yang terdampak

Viral, Bupati Lumajang Tak Ambil Gaji Selama PPKM DaruratBupati Lumajang, Thoriqul Haq saat memenuhi panggilan Polda Jawa Timur, Kamis (9/7/2020). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Pernyataan Thoriq tersebut diungkapkan saat pemantauan pendistribusian beras di GOR Wira Bhakti Lumajang, Sabtu (17/7/2021). Bantuan beras ini diutamakan untuk pekerja harian yang terdampak PPKM Darurat.

"Selama PPKM Darurat, gaji kami sepenuhnya untuk beli beras, kemudian disalurkan kepada masyarakat yang terdampak karena PPKM Darurat, terutama bagi pekerja dengan hasil harian yang tidak sesuai dengan harapan," kata Thoriq dikutip dari ANTARA.

Pemerintah Kabupaten Lumajang bersama sebelas lembaga Amil Zakat telah membuat Gerakan Forum Zakat Peduli.

3. Thoriq ajak ASN untuk berbagi

Viral, Bupati Lumajang Tak Ambil Gaji Selama PPKM DaruratBupati Lumajang Thoriqul Haq (ANTARA FOTO/HO-Diskominfo Lumajang)

Gerakan Forum Zakat Peduli tersebut fokus menghimpun donasi dari masyarakat dalam bentuk uang tunai. Uang tersebut kemudian dibelikan beras untuk disalurkan ke masyarakat terdampak PPKM Darurat.

Thoriq pun mengajak ASN jajarannya secara sukarela turut serta dalam gerakan berbagi ini.

"Saya dan Bunda Indah akan meminta keikhlasan ASN untuk ikut membantu program ini bersama. Untuk teman-teman yang ingin membantu, kami akan dengan senang hati menerima donasi dari masyarakat," tutur Thoriq.

Baca Juga: Bansos Beras untuk 20 Juta Penerima Mulai Disalurkan Hari Ini

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya