3 Golongan Orang yang Paling Rentan Terserang Virus Corona, Hati-hati!

Apakah kamu termasuk?

Virus corona yang telah merebak selama kurang lebih satu bulan kini semakin meresahkan warga dunia. Data terbaru dari New York Post menyatakan bahwa virus ini telah membuat lebih dari 80 ribu orang dirawat serta 2.765 orang meninggal dunia. 

Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan selama ini, para ahli masih sulit menyimpulkan apakah virus ini hanya menyerang orang tertentu atau tidak. Namun pengaruh virus corona memang terlihat lebih parah pada sebagian orang.

Siapa sajakah itu? Apakah kita termasuk? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Orang lanjut usia, apalagi yang sudah terkena sakit kronis

3 Golongan Orang yang Paling Rentan Terserang Virus Corona, Hati-hati!insider.com

Orang lanjut usia tampaknya sangat rentan terhadap wabah yang sedang berlangsung ini. Mengutip New York Times, dari 17 orang yang pertama kali tercatat meninggal, 13 di antaranya adalah laki-laki berusia lanjut, yaitu di atas 48 tahun. 

Rumah sakit juga mencatat bahwa sebagian besar dari mereka telah memiliki riwayat penyakit kronis sebelumnya. Mulai dari hipertensi, sirosis, diabetes, parkinson, dan penyakit pernapasan. 

Sebenarnya para ahli pun tidak ingin menyimpulkan terlalu dini karena virus masih terus diteliti. Namun para petugas medis di Tiongkok memperkirakan bahwa virus membuat kondisi orang lanjut usia dengan penyakit kronis semakin memburuk. 

Baca Juga: Dalam 7 Hari Virus Corona Diklaim Mati Sendiri, Ini Jenis Perawatannya

2. Wanita hamil

3 Golongan Orang yang Paling Rentan Terserang Virus Corona, Hati-hati!skincancer.org

Golongan orang kedua yang lebih rentan terserang virus corona adalah wanita yang sedang hamil. Terlebih lagi jika mereka memiliki riwayat disfungsi hati dan ginjal sebelumnya.

Dilansir dari A Handbook of 2019-nCoV Pneumonia Control and Prevention, kondisi-kondisi tersebut menyebabkan sistem imun wanita hamil relatif lebih lemah daripada orang lainnya. Alhasil, virus corona pun lebih mudah menyerang mereka. 

3. Orang dengan disfungsi hati dan ginjal

3 Golongan Orang yang Paling Rentan Terserang Virus Corona, Hati-hati!voanews.com

Menurut sumber yang sama, selain ibu hamil, golongan orang yang paling rentan terserang virus corona adalah mereka yang mengalami disfungsi hati dan/atau ginjal. Jika daya imun orang tersebut lemah, efek yang dirasakan akan lebih menyiksa.

Sebenarnya virus corona dapat menyerang siapa pun tanpa terkecuali. Baik mereka yang memiliki sistem imun lemah maupun normal. Tercatat bahwa hingga saat ini, usia pasien pun beragam, antara 15 hingga 88 tahun. Sementara itu, anak-anak merupakan golongan yang paling kecil kemungkinan terserang virus ini.

Semakin tinggi tingkat paparan seseorang terhadap virus, semakin tinggi pula kesempatan mereka untuk terserang penyakit yang sedang mewabah ini. Terlebih lagi, persebaran virus sangatlah cepat dan mudah terjadi antarmanusia. Jadi, sebisa mungkin hindari keramaian di daerah yang sudah terkena wabah virus ini.

3 Golongan Orang yang Paling Rentan Terserang Virus Corona, Hati-hati!(IDN Times/Arief Rahmat)

Oleh karena itu, kita semua harus waspada walaupun virus corona belum menyebar di negara kita. Pastikan tubuh tetap sehat dengan mengatur pola makan, berolahraga, dan istirahat dengan cukup. Jangan lupa pula untuk mengenakan masker kesehatan dengan benar jika keluar rumah. Jaga dirimu dan orang-orang di sekitarmu, ya!

Baca Juga: Tak Sembarang Masker Bisa Cegah Virus Corona, Kenali Jenis yang Tepat!

Topik:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Antonius Putu Satria
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya